Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

1001 Manfaat Tanaman Herbal

Tanaman herbal

Tanaman herbal atau biasa disebut tanaman obat keluarga ( TOGA ) adalah tanaman dapat dimanfaatkan untuk obat atau menjaga kesehatan tubuh. Indonesia yang merupakan negara berada di kawasan tropis tentu mempunyai kekayaan untuk jenis tanaman herbal tersebut. Bahkan sebenernya tanaman herbal sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak jaman dulu. Berbagai resep sudah banyak tercipta untuk berbagai merek produk jamu herbal. Bahkan sekarang resep-resep tersebut sudah di industrialisasi menjadi produk obat herbal yang dikemas lebih modern dan tentu melalui penelitian yang lebih baik.
Selain melalui pengobatan dokter melalui obat kimia, sudah semestinya kita juga menjaga tubuh dan Kesehatan dengan tanaman herbal yang banyak tersedia di sekaliling kita.

Berikut beberapa manfaat tanaman herbal untuk kesehatan.

Tanaman herbal paling ampuh untuk darah tinggi

Kalau Anda mengalami  sakit kepala yang bener-benar sakit,mengalami keletihanberdetak , jantung tidak teratur, sampai merasakan nyeri di dada, Anda perlu berhati-hati bisa jadi itu adalah gejala sakit darah tinggi atau hipertensi. Keadaan itu bisa jadi disebabkan oleh stress, obesitas, kurang istirahat atau dikarenakan penyakit lainnya.
Anda juga harus berhati-hati dan segera cek ke dokter untuk mengecek kondisi sekaligus untuk berkonsultasi. Karena tidak jarang penyakit hipertensi muncul tanpa di awali dengan gejala yang serius. Penyakit hipertensi juga bisa membahayakan nyawa.
Umumnya tekanan darah pada kondisi normal yaitu di kisaran 120/80. Angka 120 adalah hasil untuk pengukuran tekanan darah sistolik, lalu angka  80  adalah untuk tekanan diastolik.
Kalau  tekanan darah Anda  140/90 atau bahkan lebih, itu bisa jadi gejala atau tanda-tanda Anda terkena penyakit darah tinggi atau hipertensi tahap pertama. Lalu kalau tekanan darah Anda sudah mencapai 160/100 atau bahkan ebih, Anda sudah mengalami penyakit tekanan darah tinggi level 2 dan Anda harus wasapasa dan hati-hati.
Tekanan darah yang tidak terkendali juga akan memicu kerusakan organ tubuh yang lain seperti pembuluh darah arteri untuk bagian mata juga ginjal. Bahkan pada kondisi yang parah dan kronis bisa mengarah ke penyakit jantung dan stroke.
Selain melalui pengobatan dokter melalui obat kimia, sudah semestinya kita juga menjaga tubuh dan Kesehatan dengan tanaman herbal yang banyak tersedia di sekeliling kita.
Berikut ini tanaman herbal yang ampuh untuk darah tinggi:

1. Bawang Putih

Beberapa hasil riset dan testimoni sudah banyak yang  membuktikan dengan mengkonsumsi 2-3 siung bawang putih dengan teratur akan bisa menurunkan dan mengobati tekanan darah tinggi. Baik bawang putih tunggal. bawang outih lokal, bawang putih berkulit merah dan semua jenis bawang putih banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari hati sebagai bumbu memasak.
Ada kandungan senyawa Allicin, thiamin juga vitamin B yang bermanfaat untuk merangsang pancreas mengalirkan insulin seluruh tubuh. Pada dasarnya hampir tiap hari kita mengkonsumsumsi bawang putih sebagai bumbu ,asakan. Mungkin dengan aturan dan jumalah yang tepat kita bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu bumbu masak dan Kesehatan badan.
Bahkan selain untuk menurunkan tekanan darah , bawang putih bisa dan bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula darah. Kalau Anda terbiasa dengan rasa bawang putih, Anda bisa mengonsumsi langsung mentah-mentah. Bahkan bawang putih juga bisa sebagai obat herpes. Ada yang mengonsumsi bersamaan antara herbal bawang putih lemon jahe cuka apel dan madu sebagai tanaman herbal untuk lambung  dan radang. Herbal bawang putih tunggal juga begitu populer untuk stamina ditambah madu menjadi lebih berkahasiat.


Tanaman Herbal bawang putih
Tanaman Herbal bawang putih
sumber: pixabay

2.  Daun Sirsak

Selain buahnya yang sudah banyak dikenal, Herbal daun Sirsak dan kulit manggis sekarang populer sebagai obat kanker. Selain itu juga bisa di manfaatkan daunnya untuk teh daun sirsak untuk Kesehatan, terutama untuk mencegah dan mengontrol tekanan darah.
Cara mengolah daun sirsak menjadi obat herbal:
Ambil 10 lembar  dari daun sirsak, lalu cuci bersih. Rebus daun sirsak dalam 3 gelas air.  Biarkan mendidih dan menyisakan air kira-kira 1 gelas. Minumlah rutin dalam keadaan hangat atau dingin.
Hentikan atau kurangi konsumsi saat tekanan darah sudah Kembali normal.

Tanaman herbal, daun sirsak
Tanaman herbal, daun sirsak

3. Tomat

Sudah menjadi rahasia umum kalau tomat sangat baik untuk menjaga keshatan, terutama Kesehatan jantung dan mengendalikan tekanan darah.
Tomat  mengandung zat antioksidan likopen yang lebih baik bahkan dari minuman suplemen. Anda bisa mengonsumsi tomat dengan banyak cara, dari langsung memakannya, atau menjadikannya minuman seperti jus .


Tanaman Herbal tomat
Tanaman Herbal tomat
sumber: pixabay

4. Wortel

AHA atau American Heart Association memberikan anjuran untuk rutin menkonsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan serat, kalium juga vitamin A seperti yang ada pada wortelmenyarankan seseorang untuk rajin mengonsumsi makanan kaya serat, kalium dan vitamin A seperti yang ada pada  wortel. Kandungan dalam wortel itu terbukti bisa menurunkan tekanan darah juga mencegah serangan jantung.
Tanaman Herbal wortel
Tanaman Herbal wortel
sumber: pixabay

5. Kulit Buah Manggis

Selain buahnya yang tenru banyak digemari, Senyawa xanthones yang terdapat dalam Kulit manggis terbukti untuk ampuh Kesehatan. Manfaat herbal kulit manggis sangat bagus khususnya untuk kardiovaskuler, mengobati penyakit jantung, mengatasi penyakit tekanan darah tinggi, menaikkan trombosit dan lain sebagainya. Anda bisa menjemur kemudian merebus kulit manggis untuk kemudian di minum. Belakangan juga sudah banyak beredar teh herbal kulit Manggis. atau herbal kulita manggis dan daun sirsak yang di kombinasi atau di jadikan dalam satu resep. Herbal ekstrak kulit manggis sudah banyak yang berbentuk kapsul.


Tanaman Herbal kulit manggis
Tanaman Herbal kulit manggis
sumber: pixabay

Tanaman herbal untuk asam urat

1. Legundi
Legundi ( lihat taksonomi legundi di Wikipedia ) sebenarnya masih banyak kita jumapi namun kadang kita tidak tau kalau itu Legundi. Daun dan bunga dari legundi diyakini dan sudah terbukti bisa untuk mengontrol sakit inflamasi dikarenakan radang pada persendian.


Tanaman Herbal: legundi
Tanaman Herbal: legundi
sumber: wikipedia

2. Kumis kucing

Tanaman daun kumis kucing ini sudah begitu popular mempunyai manfaat sebagai perontok batu ginjal atau gangguan saluran buang air kecil. 
Daun kumis kucing juga mempunyai karakter  diuretic pada kandungan daunnya, sehingga kumis kucing bisa menjadi tanaman herbal asam urat
yang bermanfaat untuk mengeluarkan kadar asam urat lewat buang air kecil.
Berikut Cara membuat  ramuan dari kumis kucing:
Siapkan  daun kumis kucing  kering 10 gram.
Meniran  kering 10 gr.
Sawi  tanah kering 10 gr.
jahe merah keiring yang sudah dimemarkan 15 gr.
Kapulaga yang sudah  kering 10 gr.
Rebus semua bahan tersebut dengan satu liter air sampai mendidih dan tinggal menyisakan kira-kira 500 ml
Minumlah untuk  3x kali sehari

Tanaman Herbal: kumis kucing
Tanaman Herbal: kumis kucing
sumber: pixabay


3. Sambiloto

Sambiloto ( lihat taksonomi sambiloto di wikipedia ) mempunyai manfaat sebagai campuran bersama herbal lain atau sendiri sudah sangat popule sejak jaman nenek moyang. Sambiloto adalah jenis tanaman herbal yang bisa kita jumpai di daerah pedesaan.
Cara membuat ramuan tanaman herbal untuk asam urat dari dari sambiloto .
Sediakan sambiloto  kering 10 gr, temulawak 10 gr, komfrey 5 gr samapai 10 gr, lalu tambahkan bubuk lada 1 gr dan tambahkan5 gelas air.
Kemudian rebus semua itu, hingga tersisa air 3 gelas. Konsumsi air hasil rebusan 3x sehari satu gelas tiap minum.
Bahkan kini sudah ada produk sambiloto kapsul di pasaran.
Minum sebelum makan atau dua jam setelah Anda makan.

Tanaman Herbal sambiloto
Tanaman Herbal sambiloto
sumber:wikipedia

5. Daun salam
Sudah banyak yang membuktikan bahwa daun salam bisa mengobati asam urat.
Cara membuat ramuan untuk asam urat dari daun salam:
Ambil kira-kira 10 sampai 25 lembar daun salam lalau Rebuslah dalam 3 gelas air, tunggu mendidih dan tersisa 1 gelas, untuk di konsumsi 2x minum

Tanaman Herbal: daun salam
Tanaman Herbal: daun salam
sumber: pixabay.com

6. Jahe Merah

Belakangan Jahe  merah harganya naik tajam seiring banyak yang mengonsumsi untuk imunitas dan daya tahan tubuh, di masa pandemi corona ini. Selain itu jahe merah  terbukti bisa mangatasi asam urat. Selain itu juga bisa untuk tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas yaitu memperlancar sistem peredaran darah, pencernaan juga pernafasan. Jahe merah sekarang sudah banyak dijual dalam berbagai jenis. Dari jahe merah bubuk, jahe merah sachet, jahe merah amh, jahe merah instan atau yang sudah dicampur dengan herbal yang lain, seperti telur, madu dan herbal-herbal lainnya.

Tanaman Herbal jahe merah
Tanaman Herbal jahe merah
sumber: pixabay

7. Brotowali

Brotowali ( cek taksonomi di wikipedia ) adalah sejenis tanaman herbal yang berdaun seperti hati, merambat dan dengan khas rasa yang pahit. Kita sering jumpai btrotowali jamu di pasaran atau di edarkan ibu-ibu tukang jamu gendong. Brotowali untuk diabetis sangat ampuh terbukti bisa menjadi tanaman herbal untuk  meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit atau biasa di sebut mmuno-modulator.
Sebab sifatnya itu brotowali  bisa digunakan sebagai penguat tubuh dalam mengatasi sakit pada asam urat, atau brotowali juga bisa untuk penyakit gatal-gatal.
Brotowali juga berguna sebagai tanaman herbal untuk diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, mengontrol kolesterol,  sebagai tanaman herbal untuk jantung, melancarkan metabolisma dan menjaga vitalitas organ dalam tubuh  vital tubuh.


Tanaman Herbal brotowali
Tanaman Herbal: brotowali
sumber: wikipedia

8. Teh hijau

Teh hijau banyak memiliki kandungan vitamin E juga Vitamin  C dan polifenol yang berfungsi untuk anti oksidan untuk mencegah dan mengatasi asam urat juga sebagai tanaman herbal untuk jantung dan kulit agar senantiasa sehat mengurangi racun dari radiasi bebas.

Tanaman Herbal teh hijau
Tanaman Herbal teh hijau
sumber; pixabay.com

9. Sidaguri

Sidaguri atau seleguri ( sumber: wikipedia ) selain sudah terbukti menjadi salah satu tanaman untuk asam urat.  Ia juga efektif untuk mengatasi penyakit, hematura dan sebagai tanaman herbal untuk kejantanan pria yang bisa mengatasi masalah vitalitas laki-laki. Cara kerja Sidaguri adalah dengan melancarkan air seni dan tanaman herbal untuk pinggang, dengan menguatkan ginjal.


Tanaman Herbal sidaguri
Tanaman Herbal sidaguri
sumber: id.wikipedia

Tanaman herbal untuk stroke

Informasi Penanganan Dan Penyakit Stroke
Stroke menjadi bagian penyakit paling menakutkan bagi masyarakat Indonesia. Hal ini sangatlah wajar mengingat jumlah penderita meninggal gara-gara stroke setiap tahunnya naik secara signifikan. Sehingga tidak salah apabila banyak masyarakat mewanti-wanti untuk tidak terkena penyakit yang satu ini. Penyebab stroke umumnya banyak, salah satunya adalah pola makan yang tidak sehat yang diimbangi dengan gaya hidup yang sembarangan alias tidak sesuai dengan aturan kesehatan. Stroke dasarnya disebabkan karena pecahnya atau tersumbatnya pembuluh darah yang membawa oksigen, nutrisi dan juga darah menuju otak. Penyumbatan ataupun pecahnya pembuluh darah otak ini akhirnya membuat pasokan darah dan oksigen otak berkurang atau bahkan sama sekali tidak ada. Apabila masalah ini tidak segera ditangani, stroke berat yang membuat penderita mengalami kelumpuhan akan diderita oleh pasien yang bersangkutan.

Dewasa ini sudah ada banyak jenis penanganan yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit stroke. Salah satu penanganan yang dianggap paling manjur dan memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh adalah memanfaatkan tanaman obat penyembuh stroke dengan cara dibuat sendiri di rumah maupun membeli produk olahan dari tanaman obat tersebut. Bagi penderita stroke ringan ataupun stroke berat yang memiliki banyak waktu luang di rumah, cara membuat ramuan sendiri sangat diprioritaskan. Karena, membuat ramuan sendiri di rumah akan mengurangi biaya penyembuhan yang akan Anda keluarkan untuk penyembuhan stroke. Bagi penderita yang keluarga ataupun dirinya tidak memiliki banyak waktu luang, bisa membeli produk unggulan dengan bahan tanaman obat terbaik.

Tanaman Herbal Untuk Penderita Stroke
Tanaman herbal stroke sering dicari sebagai upaya untuk membantu penyembuhan penyakit stoke secara alami. Stroke adalah penyakit yang muncul karena adanya interupsi dari peredaran darah ke otak yang menyebabkan kematian dari sel otak. Kematian sel otak ini akan menyebabkan anda mengalami gejala seperti kesulitan bergerak dan berbicara, lumpuh pada salah satu sisi tubuh pusing dan pandangan yang tidak jelas. Stroke mungkin akan menyebabkan kelumpuhan secara temporer atau secara permanen sehingga ketika anda sudah mengalami serangan strok pertama, anda harus segera mendapatkan penangangan. Tanaman herbal dapat mencegah terjadinya kerusakan yang disebabkan oleh penyakit stroke dan membantumengembalikan kondisi anda. Konsultasikan pada dokter anda sebelum anda menggunakan obat herbal berikut ini sehingga lebih aman.
Berikut beberapa nama tanaman obat penyembuh stroke yang memiliki khasiat terbaik untuk menyembuhkan stroke menaun yang sudah diderita:

1. Gingko Biloba

Tanaman herbal ginko biloba
sumber: pixabay.com
Tanaman obat yang satu ini adalah tanaman herbal untuk stroke yang merupakan rajanya tanaman obat untuk menyembuhkan stroke menaun yang Anda derita. Tanaman obat ini memiliki kandungan herbal alami terbaik yang mencegah terjadinya gumpalan darah pada otak maupun bagian tubuh lainnya. Mekanisme kerja tanaman obat ini sendiri adalah dengan cara mengembangkan aliran pembuluh darah dan juga meningkatkan darah menuju ke otak. Tak hanya itu saja, tanaman obat ini juga mempunyai kandungan antioksidan yang sangat baik untuk mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit berbahaya.

2. Bawang Putih

Bawang putih memiliki efek inti mengurangi hyperlipudemia dan juga hipertensi. Setiap hari jika anda mengkonsumsi 2 siung bawang putih mentah atau asinan bwang putih hal ini akan membantu anda menjaga tekanan darah agar lebih stabil. Bila anda memasukkan bawang putih dalam menu makanan anda, anda bisa mengurangi kemungkinan terjadinya kanker kolon, dan mencegah banyak kanker lainnya termasuk kanker payudara. Tanaman herbal stroke ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat kuat sehingga sangat cocok untuk menjaga kesehatan anda. Bawang putih merupakan tanaman obat penyembuh stroke lain yang memiliki kandungan herbal terbaik untuk mengatasi stroke. Mekanisme kerjanya sendiri, bawang putih memicu kadar normal tekanan darah tinggi dan kolesterol, yang mana kedua masalah ini adalah pemicu terjadinya stroke pada seseorang. Tak hanya itu saja, bawang putih juga bisa Anda manfaatkan sebagai bahan anti pembekuan darah yang akurat tanpa efek samping. Cara mengkonsumsinya Anda cukup menambahkan bawang putih sebagai bumbu masakan maupun membuatnya sebagai salad.


Tanaman Herbal:
Tanaman Herbal bawang putih
sumber: pixabay

3. Jahe

Jahe dikenal sebagai bahan tonik yang sangat baik baik tubuh. Hal ini disebabkan karena jahe memiliki kandungan yang akurat untuk mengatasi adanya gangguan pada sirkulasi darah. Tak hanya itu saja, jahe juga memiliki kandungan herbal terbaik untuk menurunkan kolesterol yang tinggi dengan benar-benar akurat. Jahe bisa menjadi bahan untuk mencegah terjadinya pembekuan darah pada otak yang akhirnya menyebabkan stroke. Cara mengkonsumsinya Anda hanya perlu menyeduh tanaman obat penyembuh stroke ini setiap hari dan mengkonsumsinya setiap pagi dan juga saat sebelum tidur
Tanaman Herbal:
Tanaman Herbal jahe
sumber: pixabay


4. Ginseng Merupakan Tanaman Herbal Stroke Yang Sangat Populer

Ginseng atau panax gingseng adalah sebuah tanaman herbal yang sangat populer sebagai tanaman obat di daerah Cina, Korea dan juga Jepang. Herbalis di daerah tersebut menggunakan akar ginseng tersebut sebagai adaptogen. Adaptogen adalah sebuah ramuan yang digunakan untuk merangsang pertahanan tubuh untuk melawan penyakit dan juga stress. Praktisi tradisional di daerah Asia juga menggunakan tanaman herbal stroke untuk mencegah terjadinya degenerasi syaraf, meningkatkan sirkulasi darah, melebarkan pembuluh darah, meningkatkan kemampuan memori, dan juga mengurangi kecemasan dan juga depresi. Ada banyak bahan yang dimiliki oleh ginseng diantaranya adalah steroid glycosides dan juga triterpene saponin yang dikenal sebagai ginsenosides. Dalam sebuah penelitian, dinyatakan bahwa kandungan didalam ginseng dapat merangsang pemulihan cara kerja syaraf dan meningkatkan produksi neuron baru pada otak. Sehingga konsumsi ginseng sangat dianjurkan pada penderita stroke. Konsumsi ginseng pada penderita stroke tidak boleh bersamaan dengan konsumsi anti depresan karena dapat menyebabkan efek yang buruk pada kesehatan. Jika anda ingin mengkonsumsi ginseng pastikan anda juga melakukan konsultasi dengan dokter spesialis anda terutama jika anda memiliki penyakit jantung dan juga masalah tekanan darah.

Tanaman Herbal: gingseng
Tanaman Herbal: gingseng
sumber; pixabay.com


Tanaman Herbal:
Tanaman Herbal Gingseng
sumber: pixabay.com

5. Susu Kedelai Merupakan Tanaman Herbal Stroke

Bagi anda yang sedang mengalami stroke, konsumsi susu kedelai sebagai tanaman herbal stroke mungkin menjadi hal yang unik. Tapi penggunaan susu kedelai ini memang benar dapat digunakan untuk membantu mengatasi stroke. Susu kedelai adalah minuman ideal bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi karena memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya aterosklerosis, menyesuaikan kelainan lemak darah. Untuk melakukan perawatan dengan susu kedelai, anda perlu mengkonsumsi 500 ml susu kedelai yang dicampur dengan gula putih sebanyak 50 gram setiap hari.
Tanaman Herbal:
Tanaman herbal: Kedelai susu
sumber: pixabay.com

6. Anggur Adalah Salah Satu Jenis Tanaman Herbal Stroke

Meski merupakan buah-buahan tanaman ini sangat baik untuk membantu penderita stroke. Mengapa? Hal ini disebabkan karena anggur memiliki kandungan khusus untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Anggur dapat digunakan untuk mengurangi tekanan darah karena kandungan potasium dari anggur yang sangat tinggi yang merupakan salah satu senyawa anti hipertensi. Selain itu anggur yang kaya dengan potasium ini membantu anda memenuhi kebutuhan potasium yang hilang pada saat menggunakan pengobatan medis.

Tanaman Herbal: anggur
Tanaman Herbal: anggur
sumber gambar: pixabay

7. Tak Hanya Nikmat Apel Juga Ternyata Merupakan Tanaman Herbal Stroke

Apel selalu menjadi buah favorit setiap orang. Mengapa ? Hal ini tentu saja selain karena apel memiliki rasa yang nikmat dan rasanya yang enak, buah apel mengandung vitamin juga sangat baik untuk kesehatan, beberapa orang bahkan mempercayai bahwa jika mereka mengkonsumsi buah apel setiap hari akan terhindar dari berbagai penyakit. Seperti anggur yang merupakan tanaman herbal stroke, apel juga memiliki kandungan potasium yang banyak sehingga dapat mengusir kelebihan sodium di dalam tubuh.Dengan kemampuan ini, apel bisa membantu untuk menjaga tekanan darah. Bagi anda yang ingin mengkonsumsi apel untuk perawatan setelah stroke, anda bisa mengkonsumsi 3 buah apel atau meminum apel jus sebanyak 3 kali setiap hari, masing-masing 50 ml. Hal ini merupakan salah satu tips paling baik bagi anda yang ingin melakukan perawatan penderita stroke. Apel juga sering disebut herbal batu empedu apel  karena bisa menjadi peluruh batu ginjal dari cuka apelnya, bersama zaitun dengan resep dan terapi yang benar.


Tanaman herbal
sumber gambar: pixabay

8. Jeruk Bali Sebagai Tanaman Herbal Stroke

Jeruk bali memiliki kandungan naringen. Naringenin adalah sebuah antioksidan yang dapat dapat membantu tubuh untuk membakar lemak yang ada di tubuh. Kandungan dari jeruk bali ini juga bisa membantu anda untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Kadar gula dalam darah yang normal tidak hanya baik untuk anda yang menderita penyakit stroke tapi juga baik untuk penyakit jantung dan juga obesitas
Tanaman herbal jeruk bali
sumber: pixabay.com

9Tanaman herbal untuk stroke yang lainnya adalah tomat.
Tomat dapat digunakan untuk perawatan stroke ketika berada di rumah. Tomat adalah sayuran yang kaya dengan vitamin C dan P, jika anda mengkonsumsi tomat mentah setiap 1 hingga 2 hari sekali secara teratur anda akan mendapatkan manfaatnya yang sangat beragam. Macam manfaat yang dimiliki oleh tomat antara lain adalah mencegah tekanan darah, mengurangi komplikasi stroke berupa pendarahan di mata. Selain vitamin ini tomat juga memiliki kandungan vitamin C dan juga licophene yang akan membantu mengurangi kemungkinan penyakit prostate, gangguan paru-paru dan juga kanker perut. Sebagai tanaman herbal stroke, tomat dapat membantu mengurangi tekanan darah dan juga mencegah terjadinya atherosklerosis yang merupakan faktor paling berbahaya yang menyebabkan terjadinya penyakit stroke.

Tanaman Herbal Tomat
sumber gambar: pixabay.com

10.Buah Terakhir Yang Sangat Baik Sebagai Tanaman Herbal Untuk Stroke Adalah Buah Mengkudu

Buah mengkudu atau morinda merupakan herbal buah yang dapat berguna mengobati penyakit dan mengkudu adalah salah satu jenis buah yang memiliki manfaat yang sangat banyak. Mengkudu berkhasiat mengobati penyakit dari batuk-batuk, diabetes dan juga mencegah terjadinya penyakit stroke. Buah mengkudu sangat baik digunakan untuk menurunkan tekanan darah, untuk penyakit jantung, mencegah atherosklerosis, dan juga memperbaiki masalah sirkulasi darah. Manfaat dari buah mengkudu untuk kesehatan tersebut sangat cocok sebagai pencegah penyakit stroke. Konsumsi setelah mengalami serangan stroke juga baik karena akan mengurangi kemungkinan penyakit stroke menjadi bertambah parah. Hal ini menyebabkan buah mengkudu bermanfaat menjadi salah satu tanaman herbal stroke. 


tanaman herbal mengkudu
sumber gambar: pixabay.com

Selain itu ada jenis tanaman herbal dari jenis tumbuhan yang berkhasiat untuk membuat sanitizer adalah tanaman yang mempunyai aroma yang khas, sepeerti lidah buaya, jeruk nipis atau lemon, kemangi, daun sirih dan sebagainya, tentu dengan di campur dengan Alkhohol minimimal 70% untuk membuatnya, namun untuk sanitizer dari tanaman tidak bisa tahan terlalu lama, selalu ganti ketika warna dan bau sudah berubah.

Post a Comment for "1001 Manfaat Tanaman Herbal "