Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Surat Yassin: ayat 58

Keutamaan Surat Yassin : ayat 58

Bagi umat Islam pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu surat yang ada di dalam Al-Qur’an yakni Surat Yasin. Dalam kitab suci Al-Qur’an, surat yasin/surat yassin merupakan surat ke 36. Surat ini turun di Kota Mekkah dan terdiri dari 83 ayat. Karena turun di Kota Mekkah, maka Surat Yasin ini disebut dengan surat Makkiyah.
Bagi yang ingin tahu lebih lanjut mengenai Surat Yasin, berikut adalah beberapa penjelasan tentang keutamaan surat yasin:

Keutamaan Surat Yasin ayat 58

Pada surat yassin/yasin ayat 58 yaitu ‘SALAAMUN QAULAN MIN RABBIN RAHIM’ terdapat keutaman dan manfaat. Dimana siapa saja yang membaca dengan  sebanyak tujuh kali untuk tujuh hajat baik, insha Allah akan di kabulkan oleh Allah Subhanhu wata'ala.

Keutamaan Surat Yasin/yassin

          Keutamaan Surat Yasin 

Keutamaan surat Yasin/Yassin

Dibawah ini adalah 5 keutamaan yang luar biasa bagi yang membaca dan mengamalkan surat Yassin:

1. Mempermudah Segala Urusan
Bagi seseorang yang merasa sedang dirundung masalah kehidupan, maka tidak ada salahnya jika membaca surat yasin secara rutin setelah Sholat. Dengan membaca surat yasin secara rutin, maka semua pekerjaan akan menuai keberhasilan. Tak hanya itu, segala urusan akan dimudahkan oleh Allah SWT.
Seseorang yang merasa hidup penuh beban dan tekanan, maka langsung saja membaca surat yasin secara rutin. Masalah hidup seperti tekanan ekonomi, utang piutang, pertikaian, percintaan dan lain-lain akan dipermudah oleh Allah SWT jika seseorang selalu membaca surat yasin secara rutin.

2. Diampuni Segala Dosa-Dosa
Keutamaan surat yasin yang selanjutnya ialah diampuni segala dosa oleh Allah SWT. Pengampunan dosa tersebut telah dijelaskan dalam hadits riwayat At-Tabrani. Hadits tersebut mengatakan bahwa seseorang akan diampuni segala dosa-dosanya jika membaca surat yasin secara rutin pada malam hari karena mengharap ridho Allah.
Jadi, mulai dari sekarang biasakanlah membaca surat yasin secara rutin pada malam hari. Dengan begitu maka keesokan harinya akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT. Mulai sekarang, tinggalkanlah hal-hal yang kurang bermanfaat, mulailah menjalankan hal-hal yang bermanfaat misalnya saja membaca surat yasin ini.

3. Mendapatkan Ketenangan Hati
Sekarang ini banyak orang yang sering merasa gelisah dan gundah gulana. Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai faktor, misalnya saja faktor ekonomi, pekerjaan, percintaan dan lain sebagainya. Jika kegelisahan tersebut dibiarkan terlalu lama, maka nantinya akan mengganggu pikiran dan kesehatan. Untuk menghilangkan kegelisahan, maka langsung saja membaca surat yasin secara teratur.
Surat yasin dapat memberikan ketenangan hati dan pikiran seseorang. Dengan hati dan pikiran yang tenang, maka segala urusan akan berjalan lancar tanpa halangan. Keutamaan surat yasin yang satu ini memang sangat luar biasa karena dapat membuat suasana hati menjadi tenang walaupun hidup sedang dirundung masalah.

4. Meningkatkan Keimanan
Perlu diketahui bahwa seseorang yang rutin membaca surat yasin dan memahami artinya, maka orang tersebut akan paham dengan keagungan Allah SWT yang sangat luar biasa. Tak hanya itu, seseorang akan paham betapa mengerikannya kematian dengan memahami arti dari surat yasin. Dalam Surat Yasin juga menjelaskan bahwa pada Zaman dahulu para pendakwah selalu berjuang dalam membela Agama Islam.
Dengan mengetahui arti dari surat yasin tersebut tentunya akan menambah keimanan seseorang. Seseorang yang memahami arti Surat Yasin akan semakin percaya dengan kebesaran dan keagungan Allah SWT. Dengan begitu maka keimanan seseorang akan bertambah dan seseorang tersebut akan lebih taat kepada Allah SWT.

5. Memperoleh Pahala Berlipat Ganda
Salah satu keutamaan surat yasin yang banyak diinginkan oleh orang-orang adalah memperoleh pahala berlipat ganda. Perlu diketahui bahwa surat yasin adalah surat yang istimewa karena surat yasin dianggap sebagai jantung Al-Qur’an. Bagi seseorang yang selalu membaca surat yasin maka nantinya Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda.


Dalam hadits riwayat At-Tirmidzi dan Ad-Darimi dijelaskan bahwa surat yasin merupakan jantung Al-Qu’ran. Allah juga akan memberikan pahala berlipat seperti membaca Al-Qur’an sebanyak 10 kali.
Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang keutamaan surat yasin yang sangat luar biasa. Sangat banyak sekali manfaat dari membaca surat yasin, maka dari itu mulai dari sekarang biasakanlah untuk membaca surat yasin setiap hari.



Post a Comment for "Keutamaan Surat Yassin: ayat 58"