Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 7 Keutamaan Surat Al Fatihah

7 Keutamaan Surat Al Fatihah 

Al fatihah merupakan salah satu surat yang sangat istimewa dalam Al-Qur’an, karena surat ini memiliki keutamaan dari kandungan isi ayatnya. Surat makiyah atau surat yang diturunkan di Mekah ini memiliki 7 ayat. Selain itu, keistimewaan dan keutamaan surat al fatihah ini juga disebutkan oleh Rasulullah SAW.
Rasulullah menyebutkan bahwa surat al fatihah dapat menjadi perantara dikabulkannya keinginan ataupun hajat. Bahkan, dengan keutamaan yang dimiliki oleh surat ini wajib dibaca ketika solat, namun jika tidak membacanya maka solat tersebut tidak sah.

Keutamaan Surat Al Fatihah

        Keutamaan Surat Al Fatihah


Keutamaan dari surat al fatihah:

Di bavwah ini adalah 7 keutamaan surat Al fatihah, bagi yang mngamalkannya:

1. Al fatihah untuk menyembuhkan penyakit
Keutamaan surat Al fatihah yang pertama yaitu menyembuhkan penyakit. Surat Al fatihah dapat menjadi penyembuh yang mujarab atau disebut Asy-Syafiah, dan sebagai obat atau disebut As-Syifa. Oleh karena itu, surat al fatihah dapat dikatakan menjadi kunci pembuka untuk segalanya yang ada. Disebutkan pula dalam buku yang ditulis oleh H. Fadhil Zainal Abidin BE dan M Fandestra.
Buku tersebut mengutip Al Israak: 82, bahwa Allah menegaskan dalam Alquran terdapat obat bagi berbagai macam sumber penyakit. Buku Ruqyah Tadabbur Ayat Suci Alquran untuk menyembuhkan penyakit kanker, tumor dan kista ini membahas upaya penyembuhan penyakit. Dimana penyembuhan tersebut dilakukan dengan tadabbur quran.

2. Dimudahkan Atas Segala Hajat
Membaca surat Alfatihah yang terlepas dari sholat, akan dimudahkan atas segala hajatnya. Ikhtiar yang dilakukan seperti membaca surat Alfatihah beberapa kali akan dirasakan seperti niat yang dipanjatkan. Seperti yang disebutkan oleh Syekh Mahayuddin Bin Al Arabi, bahwa bagi yang memiliki hajat disarankan untuk membaca Alfatihah sebanyak 41 kali.

3. Menghilangkan Rasa Sedih Dan Gundah Gulana
Banyak ulama yang sepakat dengan keutamaan surat Al fatihah, salah satunya dapat menghilangkan kesedihan. Ketika merasakan sedih atau gundah gulana, membaca surat Al Fatihah sebanyak 7 kali dapat menjadi solusinya. Membaca sebanyak 7 kali, karena Allah menyebutkan assab’u al matsani atau istilah ini disebut juga 7 ayat yang diulang-ulang.

4. Meminta Jodoh
Rupanya surat Al Fatihah dapat membantu seseorang untuk segera dipertemukan dengan jodoh. Mengamalkan surat Al Fatihah dengan Istiqomah akan membuat keinginan dan doa diistijabah, seperti memohon segera dipertemukan dengan jodoh. Selain itu, mengamalkan surat ini sudah dapat membuat sebuah keluarga menjadi harmonis.

5. Alat Ruqyah Yang Paling Ampuh
Salah satu surat yang harus dibaca ketika melakukan ruqyah yaitu surat Al fatihah. Seperti percakapan sahabat dengan Rasul yang mengatakan bahwa tidak akan melakukan ruqyah kecuali dengan surat Al fatihah. Oleh karena itu, penting bagi orang yang melakukan ruqyah untuk mengetahui lebih mendalam tafsir dari surat Al fatihah

6. Mendapat Jaminan Dari Allah
Selain keutamaan surat Al fatihah yang sudah disebutkan tadi, keutamaan lainnya yaitu mendapat jaminan atas hidupnya dari Allah. Dijelaskan dari Abu Hurairah yang disabdakan oleh Rasulullah bahwa, Rasul membagi surat istimewa ini dengan hambanya menjadi dua bagian. Selain itu, rasul melanjutkan hambanya berhak atas apa yang dimintanya.

7. Doa Untuk Orang Yang Meninggal
Surat yang biasa disebut dengan ummul Qur'an ini juga memiliki keutamaan bagi orang sudah yang meninggal. Seperti yang telah didengar oleh Ibnu Umar bahwa Rasul bersabda, untuk segera menguburkannya dan membacakan surat Alfatihah di telinganya atau disamping kepalanya orang yang meninggal.

Itulah 7 keutamaan surat al fatihah yang sangat bermanfaat. Bukan hanya surat al fatihah, namun surat-surat lainnya tentu memiliki keistimewaan dan keutamaannya tersendiri. Al-Qur’an adalah kalam untuk pedoman hidup seluruh manusia. Semoga ulasan tersebut dapat memberi manfaat untuk semua.


Post a Comment for "Inilah 7 Keutamaan Surat Al Fatihah"