Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Puasa Syawal Bagi Yang Menjalankannya

Keutamaan Puasa Syawal Bagi Yang Menjalankannya

Puasa Syawal merupakan salah satu puasa sunnah yang dapat dilaksanakan setelah bulan Ramadhan. Bulan Syawal sendiri memiliki waktu 30/31 hari lamanya seperti hari biasa, namun sedikit berbeda awal dan akhirnya. Ada keutamaan puasa Syawal yang akan didapatkan oleh seseorang jika menjalankannya, baik itu 1 hari saja.

Keutamaan Puasa Syawal

          Keutamaan Puasa Syawal 


1. Menyempurnakan Ibadah
Puasa sunnah memang di laksanakan untuk menyempurnakan ataupun menutup kekurangan pada ibadah wajib. Adapun yang dikhususkan di sini adalah amalan ketika bulan Ramadhan silam. Dengan menjalankan puasa Syawal ini, seseorang dianggap lebih menyempurnakan ibadahnya di bandingkan mereka yang tidak menjalankan.
Ibnu Rajab pernah mengatakan bahwa balasan dari amalan ini merupakan amalan kebaikan selanjutnya. Apabila amalan tersebut dilanjutkan dengan menjalankan kebaikan lain, artinya amalan kebaikan pertama telah diterima.

2. Setara Puasa 1 Tahun
Diriwayatkan dari HR Muslim 1164 yang intinya adalah siapa saja yang menjalankan puasa Syawal, maka dianggap berpuasa selama setahun penuh. Adapun kondisi ini berlaku apabila orang tersebut menjalankan puasa Ramadhan, kemudian langsung dilanjutkan puasa Syawal selama 1 minggu. Namun jika kondisi tidak memungkinkan, bisa diganti hari lain.

Dengan ketentuan, puasa tersebut di laksanakan selama 1 minggu berturut-turut seperti ketika bulan Ramadhan yang tidak terputus. Selama menjalankan puasa Syawal, seseorang juga harus melakukan kebaikan agar pahalanya lebih berlimpah dan menyempurnakan yang belum sempurna. Pahala yang akan didapatkan juga tidak terkira.

3. Pahala Berlipat Ganda
Melaksana kan puasa Syawal membuat seseorang akan diberi ganjaran yang berlipat ganda, bahkan hingga 10x. Ketika memulai atau niat puasa Syawal, harus diniati dengan hati dan tujuannya untuk menyempurnakan ibadah. Puasa ini tidak semua orang bisa melakukannya, oleh karena itu Allah SWT memberikan ganjaran yang berlipat ganda.

Selain puasa sunnah yang diberikan ganjaran berlipat ganda, amal baik yang dilakukan juga akan diberikan ganjaran yang sepantasnya. Amalan ini digunakan untuk menutupi kekurangan yang belum di kerjakan pada bulan Ramadhan.

4. Mendapatkan Pertolongan
Menjalani kehidupan tentu tidak terlepas dari musibah yang akan dihadapi setiap harinya. Musibah yang dialami antara satu orang dengan yang lainnya tentu berbeda. Kondisi seperti ini tentu membuat seseorang membutuhkan pertolongan dari pencipta-Nya. Keutamaan puasa Syawal kali ini berkaitan dengan pertolongan yang akan diberikan.

Seseorang yang berpuasa Syawal secara tidak langsung telah menjalani ajaran dari Rasulullah SAW. Siapapun orang yang menjalankan puasa ini nantinya akan diberikan pertolongan ataupun syafaat dari Rasulullah SAW atas izin Allah SWT. Pertolongan ini akan didapatkan jika orang tersebut berdoa dan meminta secara sungguh-sungguh pada jalan yang benar.

5. Meningkatkan Keimanan
Tidak banyak orang yang dapat menjalankan puasa Syawal selama 1 minggu penuh, karena faktanya sering ada yang bolong. Bagi orang-orang yang menjalankan selama 1 minggu penuh, secara tidak langsung akan meningkatkan keimanan diri sendiri. Peningkatan iman ini memberikan sinyal yang baik, karena telah berada di jalan yang benar.

Seiring dengan peningkatan iman, tentu akan ada musibah yang akan menanti. Namun dengan keimanan yang dimiliki ini, musibah yang akan datang bisa dilewati dengan baik atas izin Allah SWT. Kondisi seperti ini tidak membuat heran jika bulan Syawal ini dapat diartikan sebagai bulan peningkatan iman.

Puasa ataupun amalan sunnah memang lebih baik dijalankan untuk menambah amal dan ibadah masing-masing. Terlebih keutamaan puasa Syawal di atas memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri untuk kedepannya. Apabila belum bisa menjalankan selama berturut-turut, mulailah dengan mencicilnya dan berusaha untuk lebih baik lagi.

Post a Comment for "Keutamaan Puasa Syawal Bagi Yang Menjalankannya"