Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Raih Berkah Ramadhan Dengan Mengetahui Keutamaan Dari Sholat Tarawih

Raih Berkah Ramadhan Dengan Mengetahui Keutamaan Dari Sholat Tarawih

Bulan paling diagung-agungkan umat Islam di seluruh muka bumi adalah saat Ramadhan. Berbagai kebaikan mulai berlomba-lomba didapatkan demi meraih ridhonya, termasuk sholat tarawih. Terlebih lagi ternyata terdapat segundang keutamaan dari sholat tarawih apabila dilakukan.

Gerakan dari sholat tarawih memang sama seperti sholat fardhu pada umumnya, akan tetapi perihal pelaksanaannya terdapat tata caranya tersendiri. Perihal jumlah rakyatnya juga terdapat perbedaan dalam setiap keyakinan, yakni 8, 10 dan 20 rakaat sebanyak 2x salam.

Berkah Ramadhan Dengan Mengetahui Keutamaan Dari Sholat Tarawih

Keutamaan Dari Sholat Tarawih


Adanya perbedaan jumlah rakaat dalam pelaksanaan sholat tarawih ini dikarenakan beragam dalil yang menerangkannya. Akan tetapi bukan berarti salah satu di antara ketiganya salah atau dianggap melanggar syariat, namun tetap dibenarkan selama bersandar pada madzab masing-masing.

Selain itu juga sholat tarawih yang dilaksanakan khusus setiap bulan Ramadhan ini ternyata juga dilengkapi dengan sholat witir. Jumlah rakaat dari sholat witir sendiri yakni sebanyak 3 rakaat, 2 rakaat salam dan 1 rakaat dengan membaca 3 “Qul” kemudian diakhiri dengan salam. Lantas sebenarnya apa yang menjadi keutamaan sholat tarawih sehingga sebisa mungkin harus dilaksanakan?, simak ulasannya di bawah ini:

1. Akan Diberikan Ampunan Oleh Allah Mengenai Dosa-Dosa Terdahulu
Pernyataan perihal pemberian ampunan atas segala dosa-dosa terdahulu ini bahkan telah diriwayatkan dalam sebuah hadis. Isinya kurang lebih mengenai pernyataan bahwa bagi orang berimana yang bersungguh-sungguh mengerjakan sholat tarawih. Rasa kesungguhan tersebut yakni dengan tulus, ikhlas dan semata-mata karena Allah akan diberikan pengampunan dosa.

Hadits yang meriwayatkan perihal tersebut juga tergolong shahih karena diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim. Akan tetapi seputar pembahasan mengenai dosa-dosa yang akan diampuni setiap ulama memiliki pendapatnya masing-masing sesuai dengan tafsiran dari berbagai kitab.

2. Mendapatkan Pahala Sebagaimana Orang Yang Membaca Kitab Taurat, Injil dan Al-Qur’an
Keutamaan sholat tarawih berupa kesetaraan pahala seperti orang yang membaca kitab Taurat, Injil dan Al-Qur’an ini diturunkan pada malam keempat. Oleh karena itu sangat disayangkan apabila meninggal kan sholat tarawih pada malam keempat, sehingga harus tetap semangat menjalankannya.

3. Turut Dilakukan Oleh Nabi Muhammad SAW
Keutamaan berikutnya dari sholat terawih adalah dapat melakukan ibadah yang juga dilaksanakan oleh Nabi Besar Muhammad SAW. Mengingat Rasulullah banyak sekali menjalankan ibadah sunnah yang belum tentu kebanyakan dari manusia sanggup menjalankannya. Oleh karena itu, jika Ramadhan telah tiba, manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk berlomba-lomba meraih keutamaan ibadah sunnah lainnya.

4. Allah Memberikan Kebaikan di Dunia dan Akhirat
Hal yang harus turut dipercayai perihal keutamaan dari sholat tarawih adalah diberikan kebaikan baik di dunia maupun akhirat. Oleh karenanya jangan meninggalkan sholat sunnah ini selama puasa Ramadhan masih berlangsung, karena belum tentu di tahun berikutnya diberikan panjang umur.

5. Tidak Mendapatkan Hisab Perihal Amalannya
Bagi muslim yang menjalankan ibadah sholat tarawih niscaya dirinya akan mendapatkan keutamaan berupa amalannya yang tidak di hisab pada hari kiamat. Mengapa demikian? karena segala amal kebaikan selama menjalankan tarawih bisa menjadi saksi di alam barzah kelak.

6. Selamat Dari Panasnya Api Neraka
Setiap dosa baik kecil maupun besar, sengaja atau tidak pasti akan mendapatkan balasan ketika di hari kiamat nanti. Sehingga tidak ada seorang pun yang lolos dari panasnya api neraka. Namun berbahagialah bagi yang tulus, ridho dan ikhlas menjalankan sholat tarawih karena akan diselamatkan dari panasnya api neraka.

7. Selamat Dari Kesusahan dan Kebingungan
Percaya atau tidak jika menjalani kehidupan cenderung merasa susah dan bingung kemudian melaksanakan sholat tarawih maka akan terhindar dari perasaan tersebut. Oleh karenanya jika dibalut perasaan demikian, segera laksanakan sholat tarawih dengan khusyu’ dan mengharap petunjuk.

Sekian ulasan mengenai keutamaan dari sholat tarawih, semoga bisa menjadi pencerahaan bagi yang sebelumnya seringkali lalai dan mengabaikannya. Serta diberikan kesadaran akan semangat dalam meraih ridho Allah untuk keselamatan dunia dan akhirat.

Post a Comment for "Raih Berkah Ramadhan Dengan Mengetahui Keutamaan Dari Sholat Tarawih"