Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seperti Apa Idul Adha Artinya Bagi Umat Islam Yuk Baca Ini

Seperti Apa Idul Adha Artinya Bagi Umat Islam 

Hari raya Idul Adha artinya pengorbanan akan sesuatu yang dicintai. Pada hari ini merupakan salah satu hari besar yang ada dalam agama Islam. Hari besar yang memiliki banyak makna jika direnungkan, yang berawal dari rasa cinta seorang ayah kepada anaknya.  Kisahnya selalu diceritakan setiap 1 tahun sekali, agar semua umat Muslim belajar bahwasannya segala sesuatu di dunia ini adalah milik Allah swt

Seperti Apa Idul Adha Artinya Bagi Umat Islam
Idul Adha artinya ikhlas seperti yang terjadi pada nabi. Allah swt memberi perintah kepada Ibrahim untuk menyembelih Ismail.  Di mana pada saat itu, Ismail adalah anak yang disayangi dan diidam-idamkan oleh Ibrahim. Dengan rasa teguh dan keikhlasan hatinya semata-mata untuk Allah swt, Ibrahim melaksanakan perintah tersebut.
Allah swt memberi perintah tersebut untuk menguji ketaatan Ibrahim dan juga Ismail. Dengan keteguhan hatinya, akhirnya Ismail diganti oleh Allah swt dengan seekor hewan ternak. Dari kisahnya tersebut, ada banyak makna yang bisa diambil, sehingga Idul Adha menjadi salah satu hari besar dalam agama Islam yang dirayakan setiap 1 tahun sekali. Apa saja ya makna Idul Adha bagi umat Muslim? Berikut informasinya:
1. Mempererat Ikatan SilaturahmiPerayaan hari raya Idul Adha selalu ramai dirayakan oleh semua umat Muslim. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan dalam perayaannya selain melaksanakan kurban, salah satunya dengan silaturahmi. Momen Idul Adha artinya sangat penting untuk umat Islam.
Juga menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi sanak saudara. Tak terkecuali kerabat jauh  maupun teman agar ikatan tali silaturahmi tetap terjaga antara satu sama lain. Karena menjaga silaturahmi juga dianjurkan dalam ajaran Islam.
2. Belajar Mengorbankan Sesuatu yang DicintaiInti dari Idul Adha adalah berani untuk mengorbankan sesuatu yang sangat dicintai. Dalam konteks ini adalah hewan kurban yang bisa berupa kambing, sapi maupun hewan ternak. Dengan mengorbankan hewan ternak tersebut, orang yang melakukan kurban akan belajar dan memahami makna dari pengorbanan tersebut.
3. Memupuk Rasa Berbagi Kepada SesamaHari Idul Adha juga mengajarkan bahwa pentingnya memiliki rasa untuk berbagi kepada sesama. Hal itu dicontohkan dari hasil daging hewan ternak yang dikurbankan. Selain dapat dinikmati dengan keluarga, daging hasil berkurban bisa diberikan kepada tetangga yang ada di sebelah rumah. Dengan berbagi, maka membuat hubungan akan semakin baik dan harmonis, sehingga akan menciptakan kondisi lingkungan yang baik dan bahagia.
4. Belajar Taat akan Perintah Allah SWTAllah swt memerintahkan bagi orang-orang yang mampu untuk berkurban. Dengan adanya Idul Adha ini, maka dapat dijadikan sebagai momen untuk belajar taat akan perintah yang diberikan oleh Allah swt. Dengan taat kepada Allah swt, semoga Allah swt akan menggantinya dengan sesuatu yang baik seperti pahala maupun hal-hal baik lainnya.
5. Memahami Bahwa Segalanya Hanya Milik Allah SWTSengaja ditempatkan pada bagian terakhir. Makna terakhir dari Idul Adha itu mengajarkan bahwasannya segala sesuatu itu hanyalah milik Allah swt. Walaupun diri ini sangat mencintai suatu hal, tapi tetap tidak boleh melebihi akan rasa cinta kepada Allah swt.
Allah swt memberikan perintah kepada Ibrahim untuk menyembelih Ismail, karena Allah swt ingin membunuh rasa memiliki Ibrahim kepada Ismail. Karena sesuatu yang ada di dunia ini hanyalah titipan dari Allah swt, sehingga jangan sampai ada rasa untuk memiliki. Bahkan diri ini saja bukan milik kita sendiri, melainkan milik Allah swt.
Dari penjelasan di atas, Idul Adha artinya membunuh rasa kepemilikan atas sesuatu yang dicintai. Sebab Allah swt tidak ingin hamba-Nya mencintai sesuatu melebihi dari rasa cinta kepada diri-Nya. Sekaligus mengajarkan, bahwasannya segala hal yang ada di dunia ini tidaklah kekal dan abadi.



Post a Comment for "Seperti Apa Idul Adha Artinya Bagi Umat Islam Yuk Baca Ini"