Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tata Cara Mandi Wajib Beserta Niat yang Paling Benar

Tata Cara Mandi Wajib Beserta Niat yang Paling Benar

Tata cara mandi wajib beserta niat harus diketahui oleh seluruh umat islam. Pasalnya, ini berhubungan dengan syarat sahnya sholat. Bila mana jika sedang dalam keadaan hadats maka haram hukumnya sholat sebelum bersuci. Sebab alasan itulah, maka di bawah ini akan dijelaskan tentang tata cara mandi junub untuk umat islam.

Tata Cara Mandi Wajib
Tata Cara Mandi Wajib
Untuk tata cara mandi wajibnya harus sesuai panduan. Silahkan tutorialnya disimak lalu diterapkan sebelum mulai mendirikan ibadah sholat sunnah apalagi wajib. Ini penjelasannya:
1. Membaca Niat
Setiap aktivitas yang dijalankan oleh umat islam pasti dimulai dari membaca niat. Begitu juga ketika akan memulai melakukan mandi besar atau mandi wajib selepas berhubungan atau mimpi basah. Teknik membaca niat berbeda antar mazhab. Ada yang membaca dengan dinyaringkan atau dilafadzkan dan juga ada yang hanya membaca di dalam hati. Silahkan diikuti yang mana yang diyakini lebih utama tanpa melakukan perdebatan.
2. Membersihkan Kemaluan
Sebelum membersihkan kemaluan hendaknya tangan dicuci terlebih dahulu sebanyak tiga kali. Setelah itu, baru kemaluan termasuk dubur dibersihkan dengan sebersih-bersihnya. Boleh menggunakan sabun jika dirasa masih kurang bersih jika dibersihkan dengan tangan. Namun pastikan busa sabun juga harus bersih ketika sudah dilakukan pembilasan. Jika sudah selesai dibilas bersih silakan masuk ke tata cara berikutnya.
3. Berwuduk
Langkah selanjutnya ketika mandi junub adalah berwuduk. Maksudnya silahkan berwudhu seperti biasa dengan tanpa membasuh kaki. Sebab, organ tubuh yang satu ini akan dibersihkan ketika mandi junub sudah berakhir. Ketika berwuduk tidak perlu lagi membaca niat. Pasalnya niat tersebut sudah terwakilkan pada niat mandi junub di awal tadi. Jadi silahkan lakukan wudhu dalam bentuk gerakan-gerakan saja.
4. Guyur Air ke Seluruh Tubuh
Tata cara mandi wajib beserta niat yang selanjutnya adalah guyur air ke seluruh tubuh. Caranya dengan mengguyur tubuh ke samping kanan dan kiri. Setelah itu membasuh tubuh bagian depan dan belakang. Lakukan sebanyak 3 kali di setiap bagian tubuh. Pastikan air menjangkau seluruh area tubuh hingga ke bagian yang terkecil sekalipun.
Artinya, semua bagian tubuh harus basah termasuk sela-sela rambut, janggut dan bulu yang tebal. Maka dari itu, dianjurkan untuk menyelipkan jari-jari ke dalamnya dengan lembut. Dianjurkan pula untuk membersihkan tubuh menggunakan sabun dan sampo. Sebab, dulu rasulullah juga pernah mandi wajib dengan menggunakan sedikit tanah untuk membersihkan badan beliau.
5. Berwudhu Kembali
Diharuskan berwudhu kembali jika saat membersihkan badan tangan tersentuh kemaluan. Makanya harus dilakukan aktivitas berwudhu kembali karena wudhu yang awal tadi sudah batal. Nah, jangan lupa ketika sudah tiba pada tahap ini kaki harus dibasuh hingga ke area tumit dan jari-jari. wudhu di awal kaki tidak dibersihkan. Ini juga menjadi pertanda kalau mandi wajib sudah selesai dilakukan.

Niat/doa Mandi Wajib

Bagi yang belum mengetahui lafadz niat/doa mandi wajib, apalagi yang masih belum hafal, maka berikut niatnya yang ditulis dalam bentuk huruf latin:
"BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM, NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBARI MINAL JINABATI FARDLO LILLAHI TA’ALA.”
Artinya: Dengan menyebut asma Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah (bersetubuh), wajib karena Allah Ta’ala.
Demikian tata cara mandi wajib beserta niat yang harus dipahami oleh umat islam Indonesia. Silahkan dilakukan beberapa saat setelah berhubungan intim. Sebab, dikhawatirkan kalau waktunya terlalu lama akan lupa dan ini sangat berbahaya.

Post a Comment for "Tata Cara Mandi Wajib Beserta Niat yang Paling Benar"