Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Nabi Musa Membelah Laut

Doa Nabi Musa Membelah Laut

Sebagai Nabi yang mendapat julukan ulul azmi, Nabi Musa mendapat keistimewaan dan diberikan mukjizat. Seperti mashyur dikisahkan Nabi Musa hidup untuk menghadapi kekejaman dan kezhaliman raja Fir'aun. Dalam banyak pendapat ulama, Nabi Musa adalah termasuk nabi yang keras dan kuat, tentu hal ini berkaitan dengan "tugas" Nabi Musa yang harus memberi peringatan sekaligus perlawanan kepada Fir'aun. Nabi Musa harus menghadapi Fir'aun dengan kekejaman bala tentara juga ahli ahli ilmu hitam miliknya. Di kisah paling mashyur tentu adalah ketika Nabi Musa atas ijin dan perkenan Allah bisa membelah lautan, yaitu ketika dalam pengejaran Fir'aun dan bala tentarannya. 

Doa Nabi Musa melawan Sihir

Doa Nabi Musa juga terkenal saat melawan tukang sihir Firaun. Saat itu tukang sihir melemparkan tali yang kemudian menjelma dan memunculkan banyak ular kecil yang bermaksud menakuti atau mecelakaan Nabi Musa, Namun Allah memerintahkan Musa untuk melempar tongkat yang akhirnya menjadi ular besar yang memakan semua ular-ular tukang sihir. Dan tukan sihir justru menjadi beriman kepada Musa dan Allah.
Kisah ini dikisahkan dalam Al-Qur'an Surat Thaha ayat 68 dan 69 “Kami berkata: “Janganlah engkau takut, sesungguhnya engakulah yang paling menang. Dan lemparkanlah apa yang ada ditangan kananmu, niscaya ia akan menelan apa yang mereka perbuat. “Sesungguhnya apa yang mereka lakukan adalah tipuan  tukang sihir (belaka). dan tidak akan unggul tukang sihir itu, dari mana saja dia datang”. 

Doa Nabi Musa Membelah Laut

Dalam sebuah hadis diriwiyatkan seperti berikut doa Nabi Musa membelah lautan  Berikut sabda Rosulullah tentang doa Nabi Musa saat membelah lautan.

Doa Nabi Musa membelah laut
              Doa Nabi Musa Membelah Laut

1. Doa Nabi Musa menghadapi Firaun
Doa nabi Musa berikut adalah doa saat menghadapi Firaun. Doa ini bisanya dibaca agar diberikan kelapangan dijauhkan dari kesempitan, dan doa agar dilancarkan dalam berbicara untuk berkomunikasi menyampaikan kebaikan. oa nabi Musa ini sering sekalimkita dengar saat kutbah atau pidato, sebagai awal pembuka pembicaraan. Insya Allah dengan doa ini bisa lancar berbicara, jauh dari gugup, kelu berbicara dan memudahkan orang lain memahami bicara kita.

Doa Nabi Musa mengahdapi Firaun
Doa Nabi Musa Menghadapi Firaun

2. Doa Nabi Musa untuk memohon ampunan
Doa nabi Musa  berikut adalah doa Nabi Musa berupa permohonan ampun atas kekhilafan yang tanpa sengaja membunuh. Doa NAbi Musa ini sering sekali menjadi doa sehari-hari setelah selwsai sholat wajib, atau menjadi doa untuk tobat Nasuha. Doa ini bisa menjadi pelajaran kepada kita dimana seorang Nabi saja yang melakukan kesalahan tak disengaja masih memohon ampun, apalagi kita sebagai manusia biasa.
Doa Nabi Musa
Doa Nabi Musa
3. Doa  Nabi Musa Memohon  Kebaikan
Dalam kisah, ketika Nabi Musa dalam pengejaran tentara Fira'an, Nabi Musa berdoa memohon pertolongan kepada Allah, karena sebaik-baiknya pertolongan adalah pertolongan Allah. Sebagai muslim kita bisa menjadikan  doa ini sebagai amalan doa sehari-hari, agar senatiasa diberi kemudahan, keselamatan dunia dan akhirat.
Doa Nabi Musa Membelah Laut
Doa Nabi Musa membelah Laut
5. Doa  Nabi Musa memohon petunjuk
Doa Anbi Musa berikut bisa kita amalkan menjadi doa harian atau bisa kita baca saat kita mengalami kesulitan dan kesempitan . Semoga Allah senantiasa memberikan ampunan dan rahmatnya untuk keselamatan dunia akhirat.
Doa Nabi Musa
Doa Nabi Musa

Aamiin

Wallahu'alam

Post a Comment for "Doa Nabi Musa Membelah Laut"