Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengobatan Dermatitis atopik pada bayi

Pengobatan Dermatitis atopik pada bayi 

Dermatitis atopik

Dermatitis atopik adalah eksim atopik atau dermatitis atopik  yang pada umumnya sering terjadi pada usia anak atau bayi dan lebih banyak yang terjadi pada anak atau orang yang mempunyai riwayat penyakit tersebut pada keluarganya. Salah satu gejala yang muncul adalah adanya ruam pada tangan dan kaki kkhusunya lutut, namun juga sering muncul di temapat lain. Perawatan yang tepat dan pengetahuan tentang penyakit akan memepercepat penyembuhan atau minimal menghindari gejala yang lebih parah. 
Penyebab dermatitis atopik ataupun yang lebih umum  dengan eksim merupakan wujud peradangan kulit yang dengan timbulnya rasa gatal serta ruam yang sering hilang dan muncul kembali dengan keadaan kulit yang kering. Keadaan ini tidak dapat dipulihkan, tetapi perawatan yang pas dapat menolong mengatur serta meringankan gejalanya.Atopik adalah alergi. Jadi dermatitis atopik bisa berarti dermatitis alergi atau penyakit ruam karena alergi.

Dermatitis alergi atau dermatitis atopik lebih universal bisa terjadi pada orang- orang yang mempunyai riwayat penyakit yang terjadi dalam keluarga si penderita. Penyakit ini pula lebih rentan timbul pada orang yang mengidap alergi serta asma. Dermatitis atopik umumnya awal kali di umur kurang dari 5 tahun atau pada waktu masih bayi.

dermatitis atopik
Dermatitis atopik
pic: pixabay.com

Pengobatan dermatitis atopik serta Metode Mengatur Gejalanya

Masing- masing pengidap bisa merasakan indikasi yang berbeda. Pada bayi, indikasi dermatitis atopik bisa berbentuk kulit bersisik, memerah, serta berkerak di zona pipi, kulit kepala, tangan, ataupun kaki.
Sebaliknya pada kanak- kanak berumur di atas 5 tahun sampai berusia, indikasi yang kerap timbul merupakan ruam merah serta gatal parah di zona lipatan lutut, siku, balik leher, pergelangan tangan serta kaki, sampai lipatan paha serta bokong.
Tidak hanya indikasi tersebut, terdapat sebagian indikasi lain yang dapat dirasakan oleh pengidap eksim atopik, ialah:
  • Ruam yang melepuh serta menghasilkan cairan.
  • Kulit di dekat mata serta zona yang hadapi dermatitis atopik jadi lebih hitam.
  • Kulit kering serta bersisik.
  • Kulit di pergelangan tangan serta ataupun zona dasar mata menebal serta mengerut.
  • Kulit pecah, terkelupas, sampai menghasilkan darah.
  • Susah tidur sebab gatal.
Sebab bisa memunculkan rasa gatal yang parah, pengidap dermatitis atopik cenderung hendak menggaruk kulitnya kala indikasi penyakit ini kumat. Perihal ini bisa membuat kulit hadapi cedera serta peradangan.

Dermatitis atopik pada bayi

Indikasi eksim/demartitis pada balita/bayi biasanya awal kali timbul dikala berumur 2 hingga 3 bulan, berbentuk:
  • Ruam kemerahan yang timbul seketika di kulit kepala serta wajah, paling utama di pipi( dapat pula timbul di zona lain).
  • Kulit kering, bersisik, serta gatal; sisik dapat retak serta menghasilkan cairan.
  • Susah tidur sebab kulit terasa sangat gatal
  • Timbulnya peradangan akibat menggaruk kulit sampai terluka

Dermatitis atopik pada anak

Indikasi eksim pada anak kecil umumnya timbul di umur 2 tahun sampai masa pubertas. Ada pula bermacam indikasi atau gejala dermatitis atopik yang umumnya timbul pada anak ialah:
  • Ruam paling utama di lipatan siku ataupun lutut. Tetapi dapat timbul pula di leher, pergelangan tangan, kaki, ataupun lipatan bokong serta kaki
  • Rasa gatal yang tidak tertahankan di zona kulit yang meradang
  • Permukaan kulit bergelombang sebab terdapat benjolan ataupun penebalan kulit yang kadangkala permanen
  • Kulit di zona yang terserang lebih cerah ataupun lebih hitam 

Cara mengobati dermatitis atopik di Rumah

Sebagian langkah yang dapat dicoba di rumah buat menanggulangi kambuhnya dermatitis atopik seperti berikut:

1. Memakai produk sabun mandi yang tepat
Pakai sabun yang memiliki pelembap, dan jauhi pemakaian sabun yang memiliki perona serta pewangi sebab dapat merangsang kulit. Jauhi pula pemakaian sabun antiseptik sebab bisa menimbulkan kulit jadi kering serta gatal.

2. Mengompres kulit dengan kompres hangat
Dikala indikasi kambuh, kompres zona yang hadapi dermatitis atopik dengan handuk ataupun kain lembut yang telah direndam air hangat. Tidak hanya mengompres kulit dengan kompres hangat, Kamu pula dapat mandi dengan air hangat buat meredakan gatal.

3. Menggunakan baju yang meresap keringat
Salah satu faktor gatal serta ruam pada pengidap dermatitis atopik merupakan kulit yang lembap akibat menggunakan baju yang tidak meresap keringat. Oleh karena itu, pengidap dermatitis atopik diajarkan buat menggunakan baju berbahan lembut, sejuk, serta bisa meresap keringat, misalnya bahan katun.

4. Memakai pelembap khusus
Untuk mengatasi gejala dan indikasi dermatitis atopik, pada umumnya dibutuhkan obat dari dokter yang berperan buat mengurangi peradangan serta meredakan rasa gatal. Penyembuhan dermatitis atopik berbeda- beda, bergantung pada tingkatan keparahan indikasi.

Cara mengatasi dermatitis atopik

Tidak hanya membagikan obat, dokter umumnya pula hendak menyarankan pengidap buat memakai pelembap berbahan spesial. Memilih produk pelembap dengan isi bahan aktif berbentuk:

Glycerin.
Alpha hydroxy acid( AHA).
Hyaluronic acid.
Lanolin.
Petrolatum ataupun petroleum.
Stearic acid.
Bahan natural, semacam minyak zaitun serta shea butter.
Bahan- bahan tersebut bisa melindungi kelembapan kulit serta membetulkan kulit yang rusak, sehingga kulit yang hadapi dermatitis atopik tidak terus menjadi kering serta gatal.

Untuk mengatasi gejala dan indikasi dermatitis bisa menggunakan pelembap kulit dengan zat antiradang, semacam glycyrrhetinic acid, palmitoylethanolamine, telmesteine, ekstrak anggur, niacinamide ataupun vit B3, serta pyrrolidone carboxylic acid yang dikombinasi dengan shea butter serta hyaluronic acid.

Gunakanlah produk pelembap tersebut cocok anjuran dokter ataupun petunjuk konsumsi yang tercantum pada label kemasan. Pelembap bisa dibalurkan  2 kali dalam satu hari pada kulit yang kering serta meradang akibat dermatitis atopik.

Mengatasi dermatitis atopik dan kambuhnya Dermatitis Atopik dengan Mudah

Berikut ini merupakan sebagian metode yang dapat Kamu jalani buat menghindari kambuhnya dermatitis atopik:

Tahu apa saja aspek faktor dermatitis atopik serta upayakan buat menghindarinya. Sebagian perihal yang dapat merangsang serta memperburuk keadaan ini merupakan debu, polusi, asap rokok, hawa dingin serta kering, produk sabun ataupun deterjen, keringat berlebih, tekanan pikiran, serta santapan tertentu, semacam susu ataupun telur.

Mandi 2 kali satu hari dengan air hangat. Dianjurkan tidak mandi dalam waktu lama, 5- 10 menit saja sudah cukup. Mandi dalam waktu yang lama dapat membuat kulit jadi kering.

Pakai handuk berbahan lembut buat mengeringkan badan sehabis mandi. Upayakan tidak menggosokkan handuk ke kulit. Tepuk- tepukkan handuk ke kulit secara lama- lama, khususnya pada zona yang terserang dermatitis atopik.

Oleskan pelembap di segala badan masing- masing berakhir mandi, menjelang tidur, dikala terletak di ruangan ber- AC dalam waktu yang lama, ataupun cocok anjuran dokter.

Dermatitis atopik dapat timbul serta kambuh kapan saja. Tingkatan keparahannya juga dapat bermacam- macam. Dengan mengenali pemicunya serta metode menjaga kulit dengan benar, diharapkan kekambuhan serta keparahan penyakit ini bisa menurun.

Dibutuhkan ketelatenan serta kesabaran ekstra dalam mengalami dermatitis atopik, terlebih dikala kambuh. Terus menjadi dibawa tekanan pikiran serta terus menjadi digaruk, keadaan ini hendak terus menjadi parah.

Lekas konsultasikan dengan dokter bila indikasi masih terus bersinambung walaupun seluruh upaya perawatan di rumah telah dicoba. Terlebih bila indikasi dermatitis atopik telah mengusik tidur serta kegiatan tiap hari, ataupun timbul nanah di zona kulit yang bermasalah, diiringi demam. 

Dermatitis atopik pada orang dewasa

Dermatitis atopik tidak sering timbul awal kali dikala usia dewasa, 5o persen orang berusia dengan penyakit eksim umumnya telah sempat terkena di masa anak- anak.

Ada pula bermacam indikasi eksim pada orang berusia yang umumnya ditunjukkan ialah:
Ruam bintik merah melanda bagian badan dengan zona yang lumayan luas
Gatal yang tidak bisa di tahan, terutama pada kulit sekitar lipatan siku dalam, tengkuk, leher, serta lipatan dibalik lutut. Dapat pula timbul di zona dekat mata.
Ruam yang berkerak serta dapat rusak berair bila tergores,
Kulit agresif, bersisik, serta jadi sangat kering.
Eksim yang sudah jadi penyakit kronis sepanjang bertahun- tahun bisa menyebabkan kulit nampak lebih tebal serta bercorak lebih hitam dibandingkan bagian kulit lain. Kulit yang menebal pula dapat terasa gatal tiap dikala.
Mungkin terdapat indikasi eksim yang tidak disebutkan di atas. Apabila mempunyai kekhawatiran hendak suatu indikasi tertentu, konsultasikanlah dengan dokter.
Kapan waktu untuk wajib cek ke dokter?
Kita wajib lekas cek ke dokter apabila hadapi tanda- tanda berikut ini:
Susah tidur sebab rasa gatal memburuk di malam hari
Kegiatan tiap hari jadi terganggu
Kulit terasa sakit
Kulit nampak terinfeksi misalnya dengan timbul garis- garis merah, nanah, keropeng
Perawatan rumahan yang telah dicoba tidak menolong meringankan gejala
Mata ataupun pemikiran terganggu
Bila Anda ataupun buah hati hadapi bermacam indikasi ini jangan tunda lagi buat memeriksakannya ke dokter.

Penyebab dermatitis atopik

Apa yang sering menjadi pemicu dermatitis atopik atau eksim)?

Para periset belum mengenali tentu apa pemicu dermatitis atopik. Tetapi, mereka yakin kalau kemunculan serta kekambuhan eksim bisa dipicu oleh aspek genetik serta banyak perihal eksternal yang lain.

Faktor- faktor risiko

Apa yang membuat aku berisiko terserang dermatitis atopik?

Terdapat banyak aspek yang tingkatkan resiko Kamu terserang dermatitis atopik, ialah:
  • Riwayat keluarga terhadap eksim, alergi ataupun asma
  • Mempunyai alergi ataupun asma
  • Berjenis kelamin perempuan
  • Mempunyai kulit kering
  • Kesalahan pada sistem imun
  • Kuman pada kulit
  • Aspek lingkungan
  • Sedangkan itu, faktor- faktor lain yang tingkatkan resiko eksim pada kanak- kanak meliputi:
  • Tinggal di zona kota
  • Kerap dititipkan di tempat penitipan anak
  • Mempunyai kendala hiperaktif( ADHD)

Cara mengatasi dermatitis atopik pada bayi

Data pasien  yang diberikan tidaklah sebagai pengganti nasihat dokter. Senantiasa konsultasikan pada dokter. 
Perhatikan gejala-gejalanya agar bisa menentukan cara mengatasi dermatitis atopik pada bayi.

Bagaimana cara melihat gejala dermatitis atopik?

Gejala penyakit dermatitis atopik lumayan mudah. Dokter kulit biasanya membuat penaksiran dengan mengecek tampilan kulit Kamu.

Dokter pula bisa mengecek apakah  merasakan sakit dikala zona kulit dijamah serta melaksanakan uji mata buat melihat.

Tidak hanya itu, dokter pula hendak menanyakan riwayat kesehatan keluarga apakah terdapat yang mempunyai eksim ataupun tidak.

Uji laboratorium umumnya tidak dibutuhkan buat mendiagnosis eksim atopik. Dokter bisa jadi bisa melaksanakan uji dari ilustrasi kulit buat mengesampingkan mungkin peradangan lain ataupun alergi yang Kamu miliki.

Cara mengobati dermatitis atopik

Apa saja opsi penyembuhan buat dermatitis atopik( eksim)?
Tidak ada penyembuhan dermatitis atopik yang tuntas dan tidak ada obat dan cara untuk  bisa mengobati eksim secara total. Tetapi terdapat sebagian opsi penyembuhan yang yang bisa meringankan indikasi dermatitis atopik.
Ada pula car perawatan penyakit eksim ialah:
  1. Menghindari dermatitis atopik supaya tidak memburuk ataupun kambuh
  2. Meringankan rasa sakit serta gatal
  3. Kurangi tekanan pikiran emosional serta faktor lainnya
  4. Menghindari infeksi
  5. Menghentikan penebalan kulit
Program penyembuhan bisa meliputi campuran pengobatan obat, perawatan kulit, dan merubah gaya hidup. Pengobatan obat eksim umumnya meliputi krim yang bisa mengatur rasa gatal, peradangan, serta membetulkan kulit.

Buat balita, dokter umumnya tidak hendak membagikan banyak obat eksim. Umumnya Kamu dianjurkan buat sering- sering melumasi kulit balita dengan minyak, krim, ataupun salep spesial. Tetapi bila kondisinya lumayan parah, dokter hendak meresepkan krim yang nyaman serta tidak hendak merangsang kulit balita.
Berikut bermacam opsi obat eksim yang umumnya diresepkan dokter:
Krim buat mengatur gatal
Krim buat penyakit eksim umumnya diberikan biar rasa gatal yang dialami menurun. Dengan begitu, kemauan buat menggaruk dapat dikendalikan.
Menggaruk kulit yang eksim tidak hendak mengobati penyakit melainkan cuma hendak memperburuk keadaan. Tidak hanya dapat menyebabkan peradangan, perihal ini pula dapat memperparah tampilan kulit.
Umumnya krim ataupun salep kortikosteroid hendak diresepkan buat menolong meredakan gatal. Tetapi, Kamu harus mengoleskannya cocok petunjuk yang diberikan. Alasannya, sangat kerap memakai obat ini dapat menimbulkan dampak samping tercantum penipisan kulit.
Tidak hanya kortikosteroid, krim yang memiliki inhibitor kalsineurin– semacam tacrolimus( Protopic) serta pimecrolimus( Elidel)– pula dapat menolong mengatur gatal serta peradangan. Kedua tipe krim ini umumnya mempengaruhi sistem imunitas badan Kamu. Tujuannya untuk menolong mengatur respon kulit beserta gejalanya.

Obat untuk melawan infeksi dermatitis

Ketika dermatitis sampai fase peradangan yang ditandai luka atau munculnya nanah, antibiotik akan menjadi salah satu yang bisa diresepkan.
Umumnya dokter hendak meresepkan antibiotik oles serta pula minum buat menolong melawan kuman pemicu peradangan supaya tidak menyebar luas. Antibiotik minum umumnya diresepkan dikala obat oles tidak sanggup bekerja dengan efisien.

Obat minum buat mengatur peradangan
Buat permasalahan yang lebih parah, dokter hendak meresepkan kortikosteroid minum semacam prednison. Obat ini lumayan efisien namun sayangnya tidak dapat disantap dalam jangka panjang sebab dampak sampingnya lumayan sungguh- sungguh.
Dampak samping prednison yang sangat kerap terjalin merupakan mual, muntah, mulas, sulit tidur, lenyap nafsu makan, keringat lebih deras dari umumnya ataupun tumbuhnya jerawat.
Bila dampak tersebut berlangsung dalam waktu yang lama ataupun tambah kurang baik, lekas mendatangi dokter.

Suntikan antibodi monoklonal
Dupiluman( Dupixent) tercantum obat yang disetujui oleh Tubuh Administrasi Pengawas Santapan serta Obat di Amerika Serikat buat menanggulangi eksim parah. Obat ini diperuntukan buat orang- orang yang penyakitnya tidak lagi merespon obat- obatan lain.

Gunakan Pakaian basah
Umumnya prosedur ini dicoba secara intensif buat orang dengan dermatitis atopik yang telah parah, yaitu dengan membungkus bagian kulit yang mengalami masalah eksim menggunakan kortikoseroid oles dengan perban basah.

Pada masa awal masa penyembuhan, dokter ataupun petugas kedokteran hendak menolong memasangkan perban ini pada Kamu. Tetapi nantinya Kamu pula hendak diajari metode memasangnya biar dapat melaksanakannya sendiri di rumah.

Pengobatan penyinaran
Prosedur pengobatan penyinaran ini diberikan kepada penderita eksim yang tidak kunjung membaik walaupun telah diberikan obat oles. Tidak hanya itu, orang yang eksimnya gampang kambuh sehabis perawatan pula umumnya dianjurkan buat melaksanakan pengobatan sinar.
Pengobatan sinar yang sangat simpel ialah fototerapi. Pengobatan dicoba dengan membagikan kulit paparan cahaya matahari natural secara terkontrol.
Tidak hanya itu, pengobatan pula dapat memakai cahaya ultraviolet UVA serta UVB buatan yang terkadang dikombinasikan dengan obat tertentu.
Walaupun lumayan efisien, pengobatan sinar jangka panjang dapat menimbulkan penuaan dini pada kulit serta tingkatkan resiko kanker kulit. Oleh sebab itu, pengobatan sinar umumnya tidak sering digunakan buat balita serta kanak- kanak
Untuk mencegah penyakit dermatitis atopik perlu adanya kebiasaan hidup sehat yang bisa menjadi perantara penyembuhan buat menanggulangi dermatitis atopik atau eksim atopik

Harus bisa mengetahuhi penyebab dan menjauhinya.
Dermatitis atopik merupakan penyakit kambuhan. Oleh sebab itu, Kamu butuh ketahui apa saja bahan, keadaan, ataupun apa juga yang dapat merangsang penyakit.
Hendaknya catat santapan pemicu eksim, produk, serta hal- hal lain yang di konsumsi ataupun pakai tiap harinya.
Metode ini menolong menciptakan aspek faktor eksim yang bisa jadi sepanjang ini tidak Kamu tahu serta sadari.

Melindungi kulit senantiasa lembap
Kulit Kamu butuh diberi pelembap paling tidak 2 kali satu hari. Pakai pelembap di segala badan dikala kulit masih lembap sehabis mandi supaya air terkunci di dalamnya.

Kamu bisa mengenakan minyak ataupun krim pelembap yang cocok dengan tipe kulit. Bila ragu, tanyakan pada dokter kira- kira produk apa yang sesuai buat keadaan kulit Kamu.

Tidak menggaruk kulit
Menggaruk kulit bisa membuat keadaan penyakit jadi terus menjadi parah. Tahan kemauan buat menggaruk kulit.

Pakai baju tertutup supaya kulit bebas dari gesekan ataupun garukan yang dapat melukainya.
Jangan lupa menggunting kuku serta jangan membiarkannya panjang. Alasannya di malam hari terdapat mungkin kalau Kamu hendak menggaruk kulit tanpa siuman.
Gunakan sarung tangan apabila butuh dikala tidur supaya kulit tidak terluka ataupun baret akibat digaruk dengan kuku.

Mengompres kulit
Mengompres kulit dengan air dingin ataupun hangat jadi salah satu pemecahan supaya rasa gatal dapat menurun. Kamu cuma butuh mempersiapkan sebaskom kecil air panas ataupun dingin lengkap dengan handuk kecilnya.

Setelah itu, kompreslah kulit kapan juga terasa gatal. Jangan pakai air yang sangat panas sebab dapat membuat kulit jadi terus menjadi kering.

Mandi air hangat
Mandi air hangat menolong meredakan kulit yang terasa gatal. Supaya lebih efisien, masukkan baking soda ataupun oatmeal mentah( koloid) ke dalam bak mandi. Setelah itu, berendamlah dekat 10 sampai 15 menit.
Setelahnya, jangan kurang ingat buat mengoleskan pelembap ke segala badan dikala keadaan kulit masih lembap.

Pakai sabun berbahan ringan
Dikala kulit bermasalah sebab dermatitis atopik, terdapat baiknya buat mencari sabun berbahan ringan. Jauhi sabun yang memiliki perona ataupun parfum sebab dapat merangsang kulit. Yakinkan pula buat membasuh sabun dengan bersih dari kulit serta jangan hingga terdapat yang tersisa.

Memakai humidifier
Humidifier menolong melembapkan hawa di rumah Kamu. Dengan melindungi hawa senantiasa lembap, Kamu hendak bebas dari kulit yang sangat kering yang dapat memperburuk indikasi eksim paling utama rasa gatal.
Tetapi jangan asal digunakan, yakinkan pula buat teratur membersihkannya supaya perlengkapan yang satu ini tidak jadi sumber penyakit.

Memakai baju bertekstur halus
Baju dengan bahan yang halus serta meresap keringat menghindari kulit dari iritasi. Dikala terserang dermatitis atopik, kulit sangat rentan terluka. Bila kulit terluka, kuman hendak dengan gampang masuk serta menginfeksi yang dapat membuat eksim jadi terus menjadi parah.

Menjauhi stress
Tekanan pikiran serta kecemasan jadi salah satu faktor penyakit eksim yang dapat membuat kondisinya terus menjadi parah. Buat itu, upayakan buat menjauhi tekanan pikiran dengan melaksanakan metode meditasi ringan semacam menarik nafas dalam- dalam.
Tidak hanya itu, olahraga serta melaksanakan bermacam aktivitas mengasyikkan yang lain pula dapat jadi alternatif pereda tekanan pikiran yang dapat dicoba.
Kamu pula dapat mencari komunitas orang dengan eksim buat silih bertukar cerita serta pengalaman. Dengan mengenali kalau Kamu tidak sendirian, kekhawatiran hendak keadaan yang jadi faktor tekanan pikiran umumnya otomatis hendak menurun.


Apabila mempunyai pemasalahan segera konsultasikan dengan dokter Anda.


Post a Comment for "Pengobatan Dermatitis atopik pada bayi "