Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanaman herbal untuk daya tahan tubuh melawan corona

Tanaman herbal untuk daya tahan tubuh melawan Corona

Semenjak bulan Januari saat pertama kali di Indonesia, ditemukan pasien terdampak virus corona atau dikenal dengan COVID-19, penyebarannya luar biasa cepat.

Menurut WHO penyebaran virus ini telah menyentuh lebih dari 200 negara, dengan menelan banyak korban baik yang meninggal dunia ataupun harus dirawat dengan serius dirumah sakit.

Belum ada obat khusus atau vaksin pencegah virus ini, bahkan berbagai cara dan penelitian ahli sudah mulai dilakukan. Maka hal yang bias dilakukan adalah memaksimalkan pencegahan virus corona ( covid-19 ) tersebut menjangkiti diri kita. Pencegahan keluar dilakukan dengan menjaga jarak ( sosial distancing) menghindari semaksimal mungkin berinteraksi fisik dengan penderita Covid-19. Pencegahan kedalam dan ini yang paling penting yaitu meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, berolah raga, minum vitamin dan mengkomsumsi rutin ramuan dari tanaman herbal yang di masayarakat dikenal dengan tanaman obat keluarga atau toga.

Untuk masyarakat Indonesia yang kaya akan tanaman herbal atau tanaman toga ini bisa dimaksimalkan dengan meracik sendiri dan mengkonsumsinya secara rutin.

Menurut artikel di Journal of Ethnobiology and Ethnomedicine, tanaman herbal memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan juga kesejahteraan sebagian besar masyarakat di negara maju dan berkembang.

Manfaat paling tinggi dari tanaman herbal adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mempunyai kekebalan yang baik dan tidak gampang terinfeksi virus dalam hal ini seperti virus corona ( covid-19).
Seperti menyerupai gejala flu yang di sebabkan virus, kondisi tubuh yang prima akan memegang peranan penting untuk mencegah atau meciptakan daya tahan tubuh yang mempercepat proses penyembuhan.

Tanaman herbal yang diyakini bermanfaat mencegah virus corona adalah jenis curcumin  yaitu kunyit dan temulawak, jahe, juga pada tanaman kelor, meniran, dan jinten hitam.

Pada tanaman Curcumin mengandung zat aktif kurkuminoid yang bermanfaat sebagai anti virus dan peningkat daya tahan tubuh atau imunomodulator.

Tanaman meniran mengandung flavonoid untuk mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh.

Daun kelor mengandung banyak  vitamin dan mineral yang bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh, untuk bisa mencegah infeksi virus dan bakteri.

Pada dasarnya penggunaan yang tepat tanaman herbal akan mampu menigkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit dan TIDAK HANYA UNTUK VIRUS CORONA saja, jadi mulai sekarang budayakan mengkonsumsi tanaman herbal atau tanaman toga.

Imunitas yang baik tubuh sangat diperlukan disaat situasi pandemi virus corona covid-19 seperti sekarang. Daya tahan tubuh yang rendah yang rendah bisa menyebabkan mudah terkena virus corona type SARS-CoV-2.

Salah satu cara untuk menjaga kekebalan tubuh  adalah dengan memberikan nutrisi cukup pada tubuh.

Dengan mengkomsumsi olahan dari tanaman daya tahan tubuh menjadi lebih baik dan bias dikonsumsi oleh semua golongan usia anak-anak sampai usia tua.

Mengonsumsi olahan dari tanaman herbal, bisa menjadi pilihan untuk mengantisipasi agar mempunyai daya tahan yang baik untuk menghadapi virus corona ( covid-19 )

 Berikut tanaman herbal untuk mencegah virus corona dengan mampu meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi virus corona covid-19 dan baik untuk setiap saat :

1. Tanaman Kelor
Masyarakat Indonesia khusunya di daerah jawa,  tanaman kelor dikenal sebagi tanaman penangkal gangguan mistis. Padahal tanaman kelor dimana  daunnya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dikenal dengan rasanya yang sangat pahit tanaman ini diyakini bias meningkatkan daya tahan tubuh ( imunitas ) untuk menangkal virus dalam hal ini Covid-19.
Bahakn WHO menjuluki tanaman ini dengan "miracle tree" atau tanaman ajaib karena mengandung asam amino dan antioksidan untuk daya tahan tubuh, pergantian sel dan jaringan tubuh yang rusak akibat infeksi baik oleh virus atau bakteri.

Selain memiliki kadar kalori yang rendah, daun kelor memiliki karakter antibakteri yang mampu menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang membahayakan bagi tubuh.

2. Jahe Merah
tanaman herbal jahe
Tanaman herbal Jahe
pic: pixabay.com

Bagi masyarakat Indonesia tentu tidak asing lagi mengenai tanaman ini. Bahkan sebagian sudah menjadikan minuman herbal untuk sehari-hari. Tanaman jahe bias bermanfaat untuk proses pemulihan terhadap suatu penyakit.

Jahe merah memiliki senyawa aktif gingerol yang diyakini mampu melawan  virus corona, khususnya yang bias mengakibatkan infeksi saluran pernapasan.

Kandungan flavonoid dalam jahe akan memberikan sensasi hangat untuk bisa mengatasi batuk dan memberi rasa segar ditenggorokan.

3. Cabe Merah

Tanaman herbal satu ini pasti hampir semua tahu karena merupakan bahan bumbu masakan. Yang perlu diketahui cabe merah juga mempunyai kandungan vitamin C dan zat besi ysng msmpu menghasilkan collagen untuk pembentukan system kekebalan tubuh. Cabe juga memiliki sifat antioksidan untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.
Cabe merah lebih dikenal sebagai bumbu masakan, sementara cabe merah justru mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Kandungan askorbat di dalam cabe juga bisa mencegah gejala flu yang merupakan ciri-ciri awal yang mirip untuk penderita karena corona.

4. Kencur

Masyarakat mengenal kencur lewat olahannya yaitu jamu beras kencur. Tanaman rimpang ini ternyata juga menjadi salah satu tanaman herbal yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kencur juga dikenal memiliki manfaat untuk mengatasi gejala akibat virus seperti batuk, flu, dan sakit tenggorokan, serta perasaan hangat di tenggorokan.
Kencur mampu meningkatkan sel-sel spleen juga peritoneal yang berguna untuk meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh.

5. Curcumin ( temulawak dan kunir )

Curcumin yaitu temulawak dan kunir memiliki zat aktif bernama kurkuminoid yang bermanfaat untuk anti virus dan imunomodulator yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan virus atau juga mereduksi kelelahan fisik, bahkan temulawak dikenal sebagai tanaman herbal untuk mengobati sakit pada hati.

Memang semua tanaman herbal itu belum terbukti bias menjadi obat, tapi sudah terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Sementara daya tahan tubuh dalah kunci utama untuk memerangi penyakit baik oleh virus, bakteri atau faktor lainnya.

Menurut Prof.Dr.C.A Nidom, drh,.MS Guru Besar Biokimia dan Biologi Molekuler Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga  Surabaya bahwa dirinya dan tim sedang menyiapkan dan akan membuat antiviral atau antivirus.
Yaitu sejenis obat yang bias mengobati atau menghilangkan virus tertentu tetapi menggunakan bahan dasar tanaman herbal, termasuk untuk mencegah atau mengobati penyakit akibat virus corona

Penelitian ini sebenernya adalah kelanjutkan riset yang pernah dibuat tentang curcumin untuk mengatasi wabah flu burung (H1N1) yang pernah terjadi.

Selain itu masih ada banyak jenis tanaman herbal yang sudah banyak dikenal sebagai tanaman obat keluarga atau TOGA masyarakat, antara lain:

1.Mengkudu
Pada dasarnya karakter dan rasa mengkudu memang kurang disukai, selain rasanya pahit tektur buah saat matang juga tidak menarik. Namun dibali rasanya yang pahit mengkudu begitu banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Tanaman herbal mengkudu juga sudah sering dikonsumsi terutama dari daunnya, untuk di konsumsi untuk sayur. Namun untuk buahnya jarang sekali dikonsumsi. Beruntung saat ini sudah banyak produk obat herbal dari buah mengkudu yang di ekstrak menjadi kapsul atau dalam bentuk jus.

Di balik karakter tersebut, mengkudu adalah tanaman herbal yang begitu banyak manfaatnya.
Berikut manfaat tanaman herbal mengkudu

Meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh sehingga mampu melawan infeksi dan melawan bakteri jahat
Menambah daya tahan
Mengurangi dan mengatasi sakit tekanan darah tinggi
Bisa dimanfaatkan untuk melancarkan sistem peredaran darah
Mengobati perut kembung
Meredakan penyakit radang lambung dan usus
Bisa menjadi anti kanker yang baik bila dikonsumsi secara benar dan teratur
Sebagai obat penyakit kuning.

2. Pepaya
Hampir mirip tanaman herbal mengkudu yang mempunyai karakter kurang disukai khususnya dari daunnya. Namun buahnya justru merupakan buah yang banyak disukai selain rasanya yang manis, mudah ditemui baik dan murah. Baik buah maupun daunnya papaya mempunyai manfaat yang luar biasa. Buahnya terkenal untuk melancarkan system pencernakan khususnya sebagai obat untuk mengatasi susah buang air besar/BAB.

Pepaya dikenal sebagai buah yang  yang mempunyai kandungan serat sangat tinggi yang sangat baik untuk sistem pencernaan.
Beberapa manfaat lainnya adalah:

Untuk mengendalikan tekanan darah.
Meredakan penyakit demam berdarah.
Mengurangi rasa nyeri saat wanita haid.
Mengandung karpain untuk melawan mikroorganisme yang tidak baik.
Mempunyai kandungan getah putih berwarna seperti susu pada daunnya sebagai anti kanker.

3. Alpukat
Selain daging buahnya yang lezat dan sering dikonsumsi dalam bentuk jus, alpukatternyat menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan,

Manfaat hebat alpukat adalah karena buah alpukat banyak mengansung:
    Vitamin B
    Vitamin C
    Zat besi
    Kalsium
    Fosfor dan Lemak baik yang sangat berguna untuk system kardiovaskuler

Lemak baik di dalam alpukat memiliki manfaat baik pada sistem kardiovaskular dan mengurangi inflamasi  di sistem pencernakan dan lambung atau dinding perut.

Post a Comment for "Tanaman herbal untuk daya tahan tubuh melawan corona"