Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Sholat Tasbih: Terhindar dari penyakit stroke

Keutamaan Sholat Tasbih 

Beribadah kepada Allah adalah hal yang harus dilakukan. Ada yang masuk kategori wajib, dan ada juga yang sunnah. Namun, keduanya tetap memiliki keutamaan atau manfaat masing-masing. Salah satu sholat sunnah yang memiliki keutamaan yang sangat berlimpah yaitu, sholat tasbih. Lalu, Apa saja keutamaan sholat tasbih yang bisa didapat saat menjalankannya?

Keutamaan Sholat Tasbih
Keutamaan Sholat Tasbih

Sholat tasbih adalah salah satu sholat yang masuk ke dalam sholat sunnah. Dilakukan dengan membaca sebuah kalimat tasbih yang banyaknya sekitar 300 kali saat sholat. Sholat tasbih bisa dilakukan satu kali setiap hari, atau seminggu sekali. Serta bisa dilakukan di malam hari atau siang hari. Maka, inilah beberapa keutamaan sholat tasbih. Menuruy sebagian ulama Mazhab Syafi'i, hukum shalat tasbih adalah sunah berdasarkan riwayat Ibnu Abbas bahwa Rosulullah saw. mengajarkan shalat tasbih kepada Abbas bin Abdul Muthalib.

Berikut Keutamaan Sholat Tasbih:

1. Membaca Tasbih Kalimat Terbaik disisi Allah SWT
Kalimat tasbih merupakan kalimat terbaik disisi Allah. Satu kali mengucapkan kalimat tasbih, maka berlimpah pahala yang didapat. Apalagi jika dibaca berkali-kali hingga 300 kali setiap sholat, maka berlipat-lipat pahala yang akan didapat. Bahkan, dalam sholat selain sholat tasbih pun, masih dianjurkan untuk mengucapkan kalimat tasbih.

2. Dapat Menghapus Dosa
Setiap umat manusia tentunya pernah berbuat khilaf dan memiliki dosa. Hal itu bisa terjadi secara sadar, maupun secara tidak sadar. Namun, keutamaan sholat tasbih mampu menghapus dosa yang telah dilakukan. Hal ini dijelaskan pada riwayat HR. Bukhari dan Muslim.

3. Menjadi Timbangan Amal
Keutamaan jika melaksanakan sholat tasbih berikutnya yaitu dapat menjadi timbangan yang memberatkan amal baik kelak di akhirat. Seperti diketahui, apapun ibadah baik yang dilakukan, pasti memiliki timbangan amal masing-masing. Termasuk juga sholat tasbih. Amal yang diperoleh kelak akan dihisab di akhirat. Maka, semakin banyak bacaan tasbih yang diucapkan, maka semakin berat pula timbangan amal baik di akhirat nanti.

4. Mendapatkan Tabungan Kebun Kurma di Surga
Keutamaan sholat tasbih yang keempat ialah akan mendapat tabungan di surga berupa kebun kurma. Setiap membaca bacaan tasbih, maka akan ditanamkan satu batang pohon kurma. Jika bacaan dilakukan berkali-kali, maka akan semakin banyak batang pohon kurma yang ditanamkan di surga.

5. Dapat Terhindar dari Penyakit Berat dan Kesedihan
Di dalam HR. Ibnu As-Sunni dan Ahmad diberitahukan bahwa jika membacanya, maka akan terhindar dari kesedihan, penyakit biasa, stroke, dan kusta. Di zaman sekarang, masih banyak penyakit berat yang sulit untuk disembuhkan. 
Meskipun mudah disembuhkan, tentunya terkena penyakit merupakan suatu hal yang tak enak. Maka dari itu, dengan melaksanakan sholat tasbih, akan mendapat keutamaan berupa terhindar dari penyakit berat dan kesedihan.

6. Sebagai Senjata untuk Menghadapi Masalah
Sholat tasbih memiliki keutamaan sebagai senjata untuk menghadapi masalah yang sedang terjadi atau yang sedang dialami. Tentu saja, setiap masalah membuat hati, jiwa, dan raga terasa tak nyaman. 
Maka dari itu, dengan rajin melaksanakan sholat tasbih, akan memiliki senjata untuk menghadapi masalah. Maksud dari senjata disini yaitu lebih dipermudah dalam menyelesaikan setiap masalah yang ada. Diberi jalan keluar yang akan membuat masalah segera selesai dan hati akan menjadi terasa lebih tenang.

7. Akan Mengikuti Ajaran Rasulullah SAW
Setiap umat muslim dianjurkan untuk selalu mengikuti ajaran Rasulullah SAW. Selain karena ajaran-ajaran tersebut baik, juga akan mendapat pahala yang berlimpah. Dengan melaksanakan sholat tasbih, itu artinya sudah mengikuti salah satu ajaran Rasulullah SAW.

Demikianlah beberapa uraian tentang keutamaan sholat tasbih. Sholat tasbih memang termasuk ke dalam sholat sunnah, namun bukan berarti tak memiliki keutamaan yang berlimpah. 

Tata Cara dan Tuntunan Shalat Tasbih 

Tata cara dan tuntunan shalat tasbih pada umumnya tidak berbeda dengan shalat wajib. Hal yang membedakan adalah adanya bacaan tasbih yaitu"Subhanallah wal hamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar" pada tiap gerakan shalat dengan jumlah tertentu. Adapun selengkapnya tata cara shalat tasbih adalah:
1.Setelah berwudlu dan dalm keadaan suci, selanjutnya menghadap kiblat dan membaca niat sholat       Tasbih:
    Niat 4 rokaat sholat tasbih dengan satu kali salam:," أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلهِ تَعَالَى"
    Ushalli sunnat tasbihi arba‘a rak‘ātin lillāhi ta‘ala. 
    "Aku sengaja niat sholat sunnah tasbih 4 rakaat karena Allah Ta'ala."
    Sementara untuk niat sholat tasbih 4 rakaat dengan dua kali salam: "أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى "
    "Ushalli sunnat tasbihi rak‘ataini lillāhi ta‘alā. 
    "Aku sengaja niat sholat sunnah tasbih 2 raka'at karena  Allah."

2.Takbiratul Ihram lalu  membaca al-Fatihah dan Surah pendek. Kemudian membaca bacaan tasbih 15x
2. Ruku' lalu, 
3. Sebelum berdiri posisi iktidal, membaca tasbih 10x 
4. Setelah Iktidal dalam keadaan sebelum sujud, membaca tasbih 10x 
5. Dalam keadaan Sujud sesaat sbelum melakukan duduk di antara dua sujud, membaca tasbih  10x
6. Dalam posisi duduk diantara dua sujud sebelum sujud kedua, membaca tasbih 10x
7. Pada waktu sujud kedua, sesaat sebelum bangun untuk rekaat kedua, membaca tasbih 10x 
     Duduk untuk bangun melanjutkan rakaat kedua. 
8. Sebelum bangun untuk rekaat kedua dalam keadaan duduk, membaca tasbih 10x
9. Melaksanakan rekaat kedua seperti rekaat pertama. 

Untuk rakaat terakhir sesaat sebelum salam, membaca tasbih 10x sehingga total mengucapkan 75 x dalam rekaat tersebut.

Post a Comment for " Keutamaan Sholat Tasbih: Terhindar dari penyakit stroke"