Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sholat Hajat Khusus Rejeki

Sholat Hajat Khusus Rejeki 

Shalat merupakan ibadah wajib bagi umat Islam. Ibadah ini tidak boleh ditinggalkan dan diwakilkan. Jika tidak bisa sholat dengan berdiri, maka bisa dilakukan dengan duduk atau berbaring. Kewajiban shalat baru gugur jika sudah meninggal.  Sholat malam untuk melunasi hutang ini bisa rutin dilakukan saat seseorang terlilit hutang

Shalat lima waktu memang sudah diketahui khalayak. Tetapi mungkin banyak yang tidak tahu mengenai sholat untuk melunasi hutang. Bagaimana mungkin dengan sholat saja hutang bisa lunas? Sholat merupakan kunci bahagia dunia akhirat. Karena itu sholat merupakan solusi dari masalah dunia yang dihadapi.

Keutamaan Shalat Hajat 

Terdapat banyak sekali keutamaan jika seseorang menunaikan sholat hajat. Keutamaan ini sangat sayang untuk dilewatkan. Karena itu penting diketahui oleh setiap umat muslim mengenai hikmah dan manfaat yang diperoleh saat melaksanakan ibadah ini. Berikut keutamaanya.

1. Dikabulkannya Hajat

Keutamaan sholat malam untuk melunasi hutang yang pertama adalah dikabulkannya hajat atau permintaan yang diinginkan. Karena Allah sudah berjanji dalam firmannya yang artinya bahwa saat seseorang mengerjaan sholat dua rakaat saat sepertiga malam maka Allah akan memberikan apa yang diminta.

Tetapi niat kan semata-mata untuk Allah, jangan hanya bangun untuk sholat dengan harapan agar hutangnya besok lunas. Bersabar dan terus berdoa. Jangan baru sekali dua kali sholat sudah menyerah. Allah tidak suka dengan hambanya yang mudah putus asa.

Selain berdoa, seseorang juga harus bergerak dan berusaha untuk menjemput rezeki dari Allah. Karena berdoa saja, tidak akan memecahkan masalah. Meskipun seseorang berdoa sehari semalam, sholat tiada henti, tetapi jika tidak diiringi usaha sedikitpun, tidak akan ada hasilnya.

2. Dicintai Allah

Saat seseorang menunaikan sholat malam, secara tidak langsung ia semakin dekat denganNya dan semakin dicintaiNya. Tetapi jika meniatkan sholat untuk Allah semata dengan ikhlas. Perlu diketahui, sholat malam juga bisa menjadi penyebab semakin jauh dari Allah loh.

Hal tersebut karena seseorang meniatkan sholat bukan untuk Allah, tetapi karena ingin hutangnya lunas. Sholat yang dilakukan juga tidak khusyu karena terpikir hutang terus yang belum lunas. Apalagi tempat dan pakaian yang digunakan dibeli dengan uang yang diperoleh dengan tidak baik.

Karena itu, niatkan semata-mata untuk Allah. Jangan mudah putus asa dan rutin lakukan sholat hajat agar semakin dicintai Allah. Allah berjanji akan mengijabah doa hamba yang dekat dengan Nya dan meminta dengan sungguh-sungguh, karena hanya Allah yang bisa membantu kesulitan hambanya.

3. Derajatnya Ditinggikan

Saat seseorang rutin melaksanakan sholat hajat, maka dia berarti memperbanyak amalan sunnah. Allah berfirman dalam hadist yang diartikan barang siapa memperbanyak ibadah maka Allah akan meninggikan derajatnya dan menghapus dosanya.

Sholat Hajat khusus Rejeki/Rezeki Mendesak

Selain dekat dengan Allah dan semakin dicintai, derajat seseorang juga akan semakin tinggi dengan rutin melakukan sholat malam dua rokaat. Untuk melunasi hutang, untuk rejeki yang mendesak, sebaiknya tak hanya sholat malam yang ditunaikan, tetapi ibadah sunah lain seperti sedekah, sholat dhuha dan puasa. Tetapi ingat, niatkan semata-mata karena Allah. Hutang lunas itu merupakan bonus.

Tata Cara Sholat Hajat khusus Rejeki

Rasulullah menyeru kepada semua hamba Allah untuk senantiasa meminta kepada Nya, sekecil dan sesepele apapun itu. Dianalogikan jika meminta garam, mintalah pada Allah. Sholat hajat sering dilakukan para sahabat Rasulullah saat mereka minta sebuah hajat.

Sholat Hajat Berapa Rakaat

Shalat hajat adalah sholat sunnah yang  bisa dikerjakan kapan saja tetapi dapat dilakukan sesudah sholat tahajud agar lebih afdol. Jumlah Sholat hajat adalah minmal dua rakaat. Tetapi jika ingin melebihkannya, seseorang dapat menunaikan sholat hajat dengan maksimal 12 rakaat. Caranya sama seperti sholat pada umumnya. Setelah sholat berdoalah sejadi jadinya kepada Allah.

Sholat Hajat Sebelum atau Sesudah tidur

Tidak ada waktu khusus untuk melakukan sholat hajat, bisa dilakukan sebelum tidur atau setelah tidur, atau bisa juga dilakukan waktu siang hari asal bukan pada waktu yang menjadi larangan melakukan sholat. Namun melaksanakan si waktu malam hari atau dini hari menjadi lebih utama, seperti halnya keutamaan shalat malam.

Berikut tata cara Sholat Hajat untuk rejeki:

1.Niat: Niat Sholat Hajat:"Ushalli sunnatalhaajati ra'ataini lillahita'ala, lalu Tabiratul ihram: "Allahu Akbar"

2. Doa Iftitah ( sunnah )

3. Alfatihah

4. Membaca surah pendek dari Al quran

5. Ruku'

6. I'tidal

7. Sujud

8. Duduk diantara dua sujud

9. Sujud kedua, lalu menjalankan rekaat kedua

10. Tasyahud akhir/Tahiyat akhir

11. Salam

Sholat Hajat Khusus Rejeki
Sholat Hajat Khusus Rejeki 

Wirid Khusus Sholat Hajat untuk rejeki dan Sholat hajat Jodoh:

Wirid ini juga bisa diamalkan untuk Sholat hajat untuk mendekatkan jodoh, untuk yang mengingnkan didekatkan jodoh dan diberikan jodoh yang terbaik menurut Allah. Tata cara ini biasa di lakukan oleh warga Nu., atau istiahnya menjalankan Sholat Hajat Nu. Tetapi pada umumnya sama, semua bergantung pada Allah dan keyakinan kita.

- Sholat 4 rekaat dengan sekali salam, rekaat pertama setelah Alfatihah membaca Al Ikhlas ( Qulhu.. ) 10x, pada rekaat kedua 20x, rekaat ketiga 30x, dan rekaat 40x sehinggan total 100x.

- Tawasul kepada:

1. Rosulullah, beserta sahabat dan keluarga beliau

2. Syech Abdul Qodir Jaelani

3. Syech Hasan Sadzali

4. Kedua Orang tua

5. Seluruh Muslim dan muslimat.

- Membaca Istighfar 100x

- Membaca sholawat Nabi 100x

- Membaca ayat kursi 165x 

- Membaca 4 kalimat Thayyibah 3000x

     Ya Kaafi Ya Ghany Ya Fattah Ya Razzaq  3000x

- Selanjutnya memohon kepada Allah semua yang menjadi hajatnya, dengan sepenuh keyakinan dan kepasrahan kepada Allah. Selanjutnya kita berusaha semampu dan semaksimal mungkin dengan cara yang baik dan tidak melanggar larangan Allah

Semoga kita senantiasa, dberi rahmat dan ampunan, kemudahan dan keselamatan dunia dan Akhirat

Aamiin

Wallahu'alam

Nah, itu dia keutamaan sholat malam untuk melunasi hutang. Lakukanlah dengan ikhlas dan niatkan untuk Allah semata. Tunaikan juga bersama ibadah sunnah lainnya agar semakin dekat dan dicintai Nya. Jangan lupa juga diiringi dengan usaha yang gigih agar doa yang dipanjatkan dapat terkabul.

 


Post a Comment for "Sholat Hajat Khusus Rejeki"