Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa agar cepat lunas hutangnya

Doa agar cepat lunas hutangnya

Dalam hadis yang diriwayatkan al-Humaidi yang sanadnya kepada Siti "Aisyah, mengatakan bahwa Nabi Muhammad senantiasa memohon perlindangan kepada Allah Subhanahu Wata'ala agar terbebas dari hutang. Sebab hutang adalah sesuatu yang menjadi beban tidak hanya di dunia tetapi akan sampai pada akhirat kalau tidak terselawsaikan didunia atau semasa hidup.

Doa agar cepat lunas hutangnya
Doa agar cepat lunas hutangnya

Naudzubillah.

Semua orang tentu saja ingin segera bisa cepat lunas hutangnya. Berbagi usaha dan daya akan dilakukan untuk dapat melunasi hutang-hutangnya.

Salah satu cara agar cepat lunas hutangnya adalah mengamalkan doa yang diajarkan Rosulullah Muhammad Shalallahu 'alaihi Wasallam.

Salah satu Kisah yang Masyur diriwatkan dalam hadist Abu Dawud no.1555 dikisahkan oleh Abu Sa'id Al-Khudri, suatu ketika Rosulullah datang ke Masjid, dan disana ada seorang laki-laki dari golongan Anshor bernama Abu Umamah. Rosulullah menyapa Abu Umamah,"Wahai Abu Umamah, apa yang terjadi, aku melihat engkau duduk di Masjid diluar waktu sholat?"

Abu Umamah lalu menjawab bahwa dia sedang melakukan itu karena sedang mengalami kebingungan dan sedang memiliki hutang.

Kemudia Rosulullah mengajarkan kepada Abu Umamah untuk dibaca dan diamalkan setiap pagi dan petang.

Berikut ini adalah doa yang diajarkan Rosulullah kepada Umamah agar cepat lunas hutangnya. Tentu saja doa ini juga bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ  الْهَمِّ وَالْحَزَنِ 

 وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ

 وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ،

 وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a‘udzu bika minal hammi wal hazan 

Wa a‘udzu bika minal ‘ajzi wal kasal. 

Wa a‘udzu bika minal jubni wal bukhl. 

Wa a‘udzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijal 

Artinya: “Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada Engkau dari rasa bingung dan rasa sedih, aku memohon perlindungan kepada Engkau dari kelemahanku dan kemalasanku, aku memohon perlindungan kepada Engkau dari rasa takut dan sifat kikir, aku berlindung kepada Engkau dari hutang dan tekanan banyak orang.”     

Suatu hari setalah mengamalkan doa itu Abu Umamah mengatakan bahwa ia telah dihilangkan kebingungannya dan diberikan kemampuan bisa cepat melunasi hutangnya.

Sholawat Adrikni untuk Hutang

Doa lain yang bisa diamalkan untuk melunasi hutang adalah dengan istiqomah membaca sholawat. Banyak sholawat yang bisa dibaca untuk sarana membantu doa agar Allah memberikan kemampuan dan kesanggupan untuk membayar hutang. Sholawat itu antara lain adalah sholawat Jibril dan sholawat Adrikni atau biasa disebut sholawat Idrok/Adrikiyah.

Untuk mengamalkannya bisa baca  sholawat Adrikni untuk hutang 

Bahkan Ustadz Yusuf Mansur begitu menganjurkan untuk mengamalkan sholawat untuk bisa keluar dari berbagai masalah khusunya masalh hutang. Tidak mengapa dengan mengamalkan sholawat pendek seperti sholawat jibril yang berbunyi,"Shollallahu 'Ala Muhammad". Karena sholawat adalah doa dan cinta kita kepada Rosulullah. 

Baca  Sholawat Jibril 500x untuk tahu cara mengamalkan sholawat jibril

Semoga Allah senantiasa melindungi kita dari hutang yang menjerat kita. Memberi kemudahan dan cukup rezeki, senantiasa bisa bersyukur atas apa yang Allah berikan. Sebab dengan bersyukur Allah akan menambah nikmat, sementara apabila kufur Allah akan mengurangi nikmat itu.

 Amîn ya mujibas sa’ilin. 

Post a Comment for "Doa agar cepat lunas hutangnya"